Cara Mudah Bagi yang Sulit Khusyuk Saat Salat

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Bagi yang Sulit Khusyuk Saat Salat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda membayangkan bagaimana jika yang Anda kerjakan sekarang atau nanti menjadi salat terakhir Anda selama masih hidup?. Sungguh sangat tragis jika memang hal itu terjadi.

Oleh karena itu, setiap salat yang dilaksakan oleh umat muslim dianjurkan agar selalu khusyuk. Sebab, ditakutkan Anda tidak memiliki kesempatan lagi untuk beribadah kepada Allah. Dengan kata lain, mengingat mati dalam salat perlu dilakukan agar seseorang khusyuk dalam salatnya. Sebagaimana hadis berikut:

Ingatlah mati dalam salatmu, karena apabila seseorang mengingat mati dalam salatnya, niscaya dia akan bersusah payah memperbaiki salatnya. Dan salat seperti itu adalah salat yang terakhir dalam hayatmu,” (HR. Ibn Majah).

Namun sayangnya, nikmat khusyuk ini sangat sulit didapatkan, ada banyak hal persoalan dunia yang terkadang menjadi penghalang mendapatkan salat khusyuk.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada 4 tips yang mungkin dapat membantu Anda khusyuk dalam salat:

Bersihkan Hati dan Diri
Ambil wudu dengan sempurna. Apabila dikatakan sempurna tidak bermaksud mengambi wudu dengan lama, atau dengan air yang banyak. Bahkan itu namanya membazir. Tanamkan dalam hati bahwa salat ini adalah suatu acara Anda berjumpa menghadap Allah.

Agungkan Allah
Sungguh ironi, apabila pada teori Anda sadar bahwa Anda sedang menghadap Allah, berdiolag dengan Tuhan Yang Menguasai Segalanya, tetapi hanya sedikit ingatan dan fokus Anda pada penyempurnaan rukun-rukun salat.

Anda lebih sibuk dengan urusan duniawi, misalnya urusan-urusan pejabat yang tidak pernah selesai, memikirkan makanan apa sesudah ini atau apapun yang ada dalam pikiran. Dengan semua pikiran itu, sebenarnya Anda mengagungkan Allah atau selainnya?.

Pahami dan Hayati Setiap Gerakan dan Bacaan dalam Salat
Tips yang cukup populer ini walaupun sudah didengar atau dibaca berkali-kali, tetap perlu diperingatkan lagi. Kerana seperti biasa, entah berapa banyak ilmu dan teori yang kita tahu tapi tidak pernah atau sangat jarang diamalkan. Jadi, coba sebaiknya Anda pahami dan hayati setiap bacaan salat yang Anda lantunkan itu.

Tanamkan Rasa Takut dan Juga Malu
Setelah semua yang telah Allah berikan pada Anda di dunia, tidakkah Anda merasa malu dan takut akan azabnya?. Bahkan, dengan lalainya Anda mengerjakan salat.

Ingatlah, Allah tidak pernah berhajatkan kepada Anda untuk tunduk sujud kepada Nya. Anda lah manusia yang berhajat kepada salat. Berhajat kepada Allah. Sebagaimana dalam sebuah ayat menjelaskan,

Maka celakalah orang-orang yang salat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya” (QS. Al-Ma'un : 4-5).

Jadi, takutlah akan ancaman Allah terhadap mereka yang tidak menyempurkan salatnya. Demikian penjelasan mengenai cara-cara khusyuk dalam salat. Semoga bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi umat muslim semua. Wallahu A'lam. (islamidia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.