Cara Mudah Bikin Kue Ulang Tahun Tanpa Oven

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Bikin Kue Ulang Tahun Tanpa Oven
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ulang tahun tak lengkap rasanya bila tanpa adanya kue ulang tahun. Apalagi untuk orang tercinta, ulang tahun sudah menjadi keharusan. Bahkan mereka sampai ingin belajar membuat kue ulang tahun agar terlihat lebih spesial. Biasanya kue ulang tahun terbuat dari adonan kue yang dilapisi dengan krim dan dikasi berbagai toping dan lilin sesuai umur mereka yang baru. Namun tahukah Anda bagaimana asal mula kuang tahun itu sendiri?

Asal-usul kue ulang tahun dimulai pada zaman Romawi kuno. Kala itu cara membuat kue ulang tahun kue dibentuk bulat dari bahan-bahan tepung, kacang, ragi, dan diberi pemanis dari madu. Kue ini disajikan saat momen-momen khusus.

Perubahan kue ulang tahun mulai terjadi pada abad 17, bentuk kue kurang lebih sama dengan bentuk yang ada sekarang lengkap dengan bagian-bagiannya seperti layer atau dekorasi. Tapi pada masa itu kue ulang tahun tersedia hanya bagi orang kaya saja. Kue ulang tahun akhirnya menjadi merakyat karena adanya revolusi industri, saat bahan-bahan dan peralatan semakin mudah didapat.

Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak toko kue yang menyediakan berbagai macam kue ulang tahun dengan berbagai bentuk dan varian topping yang unik dan menarik atau bahkan bisa diorder sesuai keinginan. Bahkan kini semua orang pun bisa membuat sendiri kue ulang tahun. Pasalnya, kini cara membuat kue ulang tahun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, bahkan bisa tanpa menggunakan oven. Penasaran bagaimana cara membuatnya ? Yuk simak langkah pembuatannya.

Bahan yang Harus Disiapkan:
4 butir putih telur
½ sendok teh garam
1 ½ sendok teh emulsifier
150 gram gula pasir
50 gram kacang tanah serbuk
125 gram terigu
25 gram bubuk cokelat
½ sendok teh baking powder
50 ml susu cair
150 gram margarin yang sudah dilelehkan
1/2 sendok teh pasta cokelat

Bahan Tambahan atau Olesan :
150 gram mentega putih
25 gram margarin
150 gram susu kental manis warna putih
50 gram selai kacang
100 gram cokelat masak yang sudah dilelehkan

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Tanpa Oven:
Kocok telur dengan memakai mixer, lalu masukkan garam dan emulsifier. Aduk sampai agak mengembang.

Lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang penuh. Mulai masukkan kacang tanah serbuk. Kocok kembali sampai merata.

Kemudian masukkan terigu, cokelat serbuk dan baking powder sambil tetap diayak dan diaduk sampai rata. Masukkan juga susu cair.

Masukkan margarin leleh dengan pasta cokelat sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.

Siapkan loyang dengan ukuran 20 cm dan tinggi 7 cm. Beri kertas roti di bagian alasnya.

Lalu kukus adonan ini sekitar 20 menit. Gunakan api ukuran sedang dan tunggulah sampai matang. Sisihkan kue supaya dingin.

Sambil menunggu kue dingin, kamu bisa sambil membuat olesannya. Berikut cara membuat olesan kue ulang tahun yang sederhana.

Cara Membuat Olesan Kue Ulang Tahun
Nyalakan mixer dan kocok mentega putih serta margarin sampai warnanya menjadi putih. Masukkan susu kental manis putih. Kocok kembali sampai merata.

Masukkan juga selai kacang dan cokelat masak leleh. Lalu aduk lagi hingga merata.

Ambil kue yang sudah jadi, potong mejadi 3 bagian rata, ratakan permukaan cake memakai spatula. Kemudian olesi dengan bahan olesan.Kue ulang tahun siap dihias sesuai selera dan disajikan untuk acara ulang tahun.

Tips dalam Cara Membuat Kue Ulang Tahun:
Bagi Anda yang ingin membuatkan kue ulang tahun untuk si buah hati, bisa membuatnya dengan bentuk karakter. Karena bentuk seperti inilah yang menjadi favorit anak. Misalkan saja karakter kesayangan berupa wujud boneka, tokoh kartun atau super hero.

Meski caranya sederhana, cara membuat kue ulang tahun tanpa oven ini bisa menghasilkan kue yang tak kalah lezat dari yanga da di toko. Perlu Anda ketahui bahwa kualitas rasa yang enak, tergantung dari bahan yang digunakan.
Semoga menginspirasi ya. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.