Cara Mudah Menanam Bawang Merah Kaya Manfaat di Pot

Menanam Bawang Merah di Pot

Cara Mudah Menanam Bawang Merah Kaya Manfaat di Pot
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu wajib yang tak boleh ketinggalan dalam masakan yakni bawang merah. Sebelum itu, tahukah Anda bahwa bawang merah awalnya berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya. Kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu wajib masak, bawang merah juga dapat dikonsumsi dengan cara lain. Seperti, dijadikan bawang goreng sebagai pelengkap masakan, acar, atau bahkan bisa di makan mentah.

Selain itu, bawang merah juga biasa digunakan untuk pengobatan tradisional lho. Masih banyak lagi manfaat dari bawang merah, sebab kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Karena itu, jadi tak ada salahnya bila Anda ingin menanamnya sendiri di rumah bukan ? Tak usah bingung karena tak ada lahan atau tempat buat menanam, bawang merah juga bisa ditaman di dalam pot. Penasaran bagaimana caranya ? Yuk simak langkah-langkah berikut.

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan:

  • Pot
  • Tanah subur
  • Bibit bawang merah, Kamu bisa mendapatkan bibit dari bawang merah di rumah.

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

Siapkan pot dan tanah subur sebagai media tanamnya. Campurkan sedikit pupuk ke dalam tanah tersebut.

Pilihlah bawang yang bagus sebagai bibit. Hindari bawang merah yang sudah memiliki bercak hitam, karena bisa mengakibatkan penyakit.

Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Kalau sudah ada daun di bawang merahnya, tidak usah dipotong.

Letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah tua tadi ke dalam pot. Bawang merah yang sudah tua memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.

Taruh di kedalaman 5 hingga 7 cm ke dalam tanah, lalu timbun kembali dengan tanah. Jangan menekan saat menanamnya, ya.

Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore. Hindarkan air menggenang dalam pot.

Bawang merah biasanya bisa dipanen setelah 60 – 90 hari. Tanda-tanda bawang merah yang sudah bisa dipanen adalah sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering. Nah, kalau menanamnya di pot, biasanya terdapat bawang yang menjulang ke atas.

Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya kamu jemur 1 – 2 minggu, agar kandungan airnya berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Menurut Jurnal Phytotheraphy Research, disebutkan bahwa bawang merah merupakan salah satu sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Nah, berikut beberapa manfaat dari bawang merah bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Bila Anda sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda bisa coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan probiotik dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress, loh. Selain itu, bakteri baik pada bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak juga.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah rupanya baik untuk kesehatan mata, loh. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione yang berperan sebagai antiosidan.

Selain itu, vitamin E yang terkandung pada bawang merah juga sangat baik untuk mata.

Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa bawang merah mampu mencegah osteoporosis. Tak hanya itu, bawang merah juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

Mencegah Peradangan

Kandungan quercetin pada bawang merah dipercaya dapat meredakan radang, loh. Jadi buat kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan khususnya, bisa coba mengonsumsi bawang merah. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus dan hidung tersumbat. Hal ini karena kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah, yang mampu menghancurkan mukus.

Melancarkan Pencernaan

Saat Anda mengalami gangguan pencernaan, mulailah coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan serat yang terdapat pada bawang merah ini baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, bawang merah juga dapat mencegah diare dan sembelit.

Memperlancar Sistem Pernapasan

Merupakan salah satu obat antiradang, bawang merah juga dipercaya dapat memperlancar sistem pernapasan. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan untuk mengonsumsi bawang merah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bila Anda memiliki riwayat sakit jantung atau masalah pada jantung, cobalah konsumsi bawang merah. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu kerja jantung.

Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler. Masih ada lagi, kandungan tiosulfinat mampu menurunkan resiko penyakit stroke.

Mencegah Kanker

Kandungan quercetin dan antosianin pada bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Jadi tidak heran, bila bawang merah ini terkenal menjadi salah satu obat mujarab untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah. Bila Anda memiliki masalah dengan gula darah, Anda bisa coba selalu menambahkan bawang merah ke dalam menu makanan.

Memperkuat Sistem Imun

Kandungan selenium pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Memakan bawang merah mentah atau matang, maka sistem imun akan bekerja dan Anda akan terhindar dari infeksi penyakit.

Itulah cara menanam bawang merah di pot dan beberapa manfaatnya bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.