5 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Kacang Panjang
Ilustrasi (Diadona.id)

PortalMadura.Com – Manfaat , tanaman merupakan jenis tanaman polong-polongan (legumes) yang mempunyai bentuk memanjang sekitar 30-120 centi meter.

Saat kulitnya mengeriput, berarti menandakan bahwa mereka sudah siap dipanen. Biasanya, kacang ini dimasak menjadi makanan enak seperti aneka tumisan, sayur lodeh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain untuk bahan makanan, kacang panjang ternyata juga mempunyai banyak manfaat .

Karena, di dalamnya terdapat vitamin C, vitamin B9 (folat), magnesium, mangan, dan beberapa jenis vitamin serta mineral lainnya. Belum lagi, kacang panjang mengandung antioksidan terutama jenis flavonoid.

Berhubung tanaman ini cuman bisa tumbuh di daerah dengan curah hujan tinggi, belum banyak penelitian dari negara-negara Barat yang membahas mengenai manfaat kacang panjang.

Tapi jangan salah, kandungan nutrisi yang terdapat dalam tanaman ini sudah diketahui secara luas dan terbukti memiliki efek positif bagi kesehatan.

Manfat Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang
Ilustrasi (Diadona.id)

Apa saja manfaatnya?. Dilansir PortalMadura.Com, Minggu (23/2/2020) dari Tempo.co, berikut beberapa manfaat kacang panjang yang mungkin belum Anda ketahui:

Memperbesar Payudara

Berdasarkan penelitian yang dilakukan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, kacang panjang terbukti memiliki kandungan fitoestrogen alias hormon estrogen alami pada tumbuhan yang fungsinya mirip hormon estrogen yang diproduksi oleh manusia.

Salah satu jenis fitoestrogen adalah flavonoid yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel epitel pada payudara sehingga payudara Anda dapat membesar. Walaupun begitu, penelitian ini masih berlangsung pada tahap awal dan membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kacang panjang untuk payudara tersebut.

Menyehatkan Mata

Selain bermanfaat dalam memperbesar payudara, kacang panjang juga berkhasiat bagi Anda yang mengalami masalah di bagian mata. Manfaat kacang panjang yang satu ini berhubungan dengan kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya.

Pasalnya, satu sajian kacang panjang (100 gram) mengandung 865 IU atau sekitar 28 persen dari total kebutuhan vitamin A per hari bagi laki-laki dan 37 persen bagi wanita.

Kacang Panjang Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat pada kacang panjang juga dapat memberi efek kulit yang sehat, misalnya mengurangi risiko kulit kering dan berkeriput.

Manfaat kacang panjang ini juga didapat dari kandungan antioksidan yang terdapat dalam tanaman tersebut. Jadi, bagi Anda yang mengalami masalah kulit kering dan keriput tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi kancang panjang.

Menurunkan Risiko Nyeri Sendi

Hal ini masih berhubungan dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Hanya saja, kacang panjang memiliki 18,8 mg kandungan vitamin C per 100 gram sajiannya, sedangkan Anda membutuhkan sekitar 1.000 mg vitamin C untuk merasakan manfaat kacang panjang ini.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan vitamin C dan antioksidan juga dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas diklaim sebagai salah satu penyebab penyakit-penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, kanker, maupun artritis.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat kacang panjang yang satu ini didapat dari kandungan magnesium yang mencapai 44 mg per 100 gram sajian.

Magnesium merupakan zat yang terbukti dapat mengatasi masalah hiperaktif, kecemasan, dan susah tidur karena adanya gangguan fungsi pada otak.

Menyehatkan Janin

Manfaat kacang panjang yang terakhir yaitu bisa menyehatkan janin. Kandungan folat (vitamin B9) yang terdapat dalam kacang panjang berperan penting dalam kesehatan janin, terutama pada trimester awal kehamilan.

Pasalnya, folat terbukti dapat mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan, seperti kelainan jantung dan spina bifida.

Meski demikian, kandungan folat di dalam 100 gram kacang panjang sangat kecil, yakni 62 mikrogram, sementara ibu hamil butuh 400-800 mg folat per hari.

Untuk melengkapi kekurangan ini, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat (folat dalam bentuk suplemen).

Baca Juga : Konsumsi Kacang Panjang Secara Rutin, Khasiatnya Menakjubkan bagi Kesehatan

Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahan kacang panjang yang mungkin akan memengaruhi sedikit manfaat kacang panjang itu sendiri.

Jadi, pastikan Anda tidak merebus atau menumis kacang panjang terlalu lama, agar nutrisi di dalamnya juga tidak ikut larut dalam air atau menguap bersama minyak goreng yang Anda gunakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.