Cara Mudah Rawat Busi Agar Tetap Awet

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Rawat Busi Agar Tetap Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting pada setiap kendaraan bermotor adalah . Tapi walaupun berperan penting, terkadang alat yang terlihat kecil ini seringkali luput perhatian dari pemilik mobil.

Padahal, saat kendaraan sedang mengalami gangguan atau masalah khususnya dalam pengapiannya, yang dilihat terlebih dahulu adalah bagian businya. Oleh karena itu, juga sangat penting dilakukan agar kondisinya tetap awet.

Menurut Country Manager PT Brisk Busi Indonesia, Jason Muliadi, mengatakan merawat busi tetap awet tidak sulit. Pertama, pemilik harus rutin memeriksa kondisi komponen tersebut.

“Pastikan kondisi mobil selalu dijaga dan dirawat supaya tidak ada kerusakan di dalam yang tidak dapat dideteksi karena itu akan efek di busi,” ujarnya.

Menurut dia, mengidentifikasi busi bisa dibagi dua kondisi yakni rusak dan kotor. Bila sudah rusak, ia menyarankan untuk melakukan penggantian.

“Kalau kotor sebaiknya jangan pakai amplas, kami tidak merekomendasikannya. Kalau busi yang sudah tertutup karbon sebaiknya tidak digunakan lagi dan diganti yang baru,” katanya.

Untuk menjaga agar busi tetap awet disarankan juga menggunakan bahan bakar dengan tingkat oktan tinggi sesuai dengan peruntukannya. Menurut dia, dengan bensin beroktan rendah justru akan menyulitkan proses pembakaran.

“Kalau kotor plaknya akan menempel dan semakin lama plaknya itu akan makin tinggi jadi pusat elektronya itu yang mengeluarkan listriknya tidak akan bisa mengeluarkan api lagi,” tutur dia.

Demikian cara merawat busi agar awet, tips yang sangat mudah bukan?. Semoga bermanfaat. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.