oleh

Cara Mudah Tanamkan Tanggung Jawab Pada Anak Sejak Dini

PortalMadura.Com – Tanggung jawab tak hanya perlu diperkenalkan dan diajarkan, namun juga perlu ditanamkan kepada anak sejak dini. Tentunya hal ini tidak dapat dilakukan secara instan.

Perlu kesabaran ekstra dalam melatih dan mengajarkannya sedikit demi sedikit. Lantas bagaimana cara mengajarkan dan menanamkan rasa tanggung jawab kepada anak? Berikut ini ulasan singkat yang mungkin dapat anda jadikan sebagai inspirasi dalam mendidik anak :

1. Ajarkan sikap tanggung jawab kepada anak secara bertahap sesuai usia dan kemampuannya.

2. Beri kepercayaan kepada anak sedikit demi sedikit untuk melaksanakan sebuah tugas, sehingga nantinya anak Anda akan terbiasa untuk mengemban tanggung jawab.

3. Ajarkan anak Anda untuk menyeimbangkan antara hak dan kewajiban mereka.

4. Sabar dan jangan putus asa. Mengajarkan anak untuk bertanggung jawab adalah hal yang tidak mudah, tapi pastikan bahwa Anda tidak selalu memberikan bantuan pada anak. Karena itu demi kebaikannya.

5. Usahakan untuk selalu mengkomunikasikan segala hal termasuk mengenai tujuan dan manfaat dari tanggung jawab itu kepada anak, sehingga anak tidak semata-mata hanya ingin mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya namun juga agar mereka termotivasi untuk melaksanakan tanggung jawabnya dengan ikhlas.

6. Dan yang utama adalah, ajarkan anak Anda dengan contoh perilaku Anda di depan mereka, sebab seperti yang kita tahu, anak merupakan peniru yang handal, jadi sebaiknya ketika anda mengajarkan sikap bertanggung jawab kepada anak, Anda tidak hanya menyuruh saja namun juga sekaligus memberikan pengarahan dan bimbingan kepada mereka.

Mengajarkan tanggung jawab pada anak sejak dini bisa membantu pembentukan karakter dan membuatnya menjadi anak yang lebih mandiri.(hijabnesia.com/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.