Cara Mudah Tes Tubuh Anda Tak Kekurangan Air

Avatar of PortalMadura.com
Cara Mudah Tes Tubuh Anda Tak Kekurangan Air
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang sudah tahu bahwa mengonsumsi air secara rutin setiap hari memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Para ahli kesehatan pun juga menyarankan untuk minum setidaknya enam hingga delapan gelas cairan per hari.

Namun kenyataannya, masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Sebagian dari mereka justru minum jauh lebih sedikit dari jumlah yang direkomendasikan.

Padahal, kekurangan air dapat membuat Anda lelah, pusing, pandangan berkunang-kunang, serta memengaruhi elastisitas kulit Anda.

Untuk memeriksa apakah Anda minum cukup air, National Library of Medicine, menyarankan untuk melakukan tes kulit sederhana yang dapat menunjukkan kadar hidrasi tubuh Anda.

Tes ini mampu menentukan apakah Anda telah mengonsumsi sejumlah cairan yang direkomendasikan, ataukah Anda masih perlu tambahan asupan cairan. Caranya, cukup cubit kulit di punggung tangan Anda dengan ibu jari dan telunjuk Anda.

Tahan selama beberapa detik dan kemudian lepaskan. Jika kulit langsung kembali ke posisi semula dengan segera, itu tandanya Anda terhidrasi dengan baik. Jika tidak, turgor kulit Anda memberi tahu Anda bahwa tubuh masih memerlukan asupan cairan.

Menurut National Library of Medicine, turgor kulit adalah elastisitas kulit, atau kemampuan kulit untuk berubah bentuk dan kembali ke bentuk normalnya.

Kulit dengan turgor normal mampu kembali dengan cepat, sedangkan kulit dengan turgor yang buruk membutuhkan waktu atau jeda untuk kembali ke keadaan normal.

Anda juga bisa menentukan kadar hidrasi Anda dengan cara melihat kondisi urine. Urine berwarna bening dan bebas bau, menandakan bahwa Anda sudah mendapat asupan air yang cukup. Sebaliknya, urine yang berwarna kuning gelap, atau memiliki bau yang kuat, menandakan bahwa Anda kurang minum.

Asupan cairan yang disarankan tidak hanya air putih, tetapi bisa juga berupa minuman lain. Namun hati-hati, jangan berlebihan dengan minuman manis yang tinggi gula atau kalori.

Bahkan kopi dan teh pun dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda, bersama dengan jus buah. Tapi, karena kopi dapat memicu dehidrasi dan jus buah atau smoothie dapat memiliki kandungan gula yang tersembunyi, jadi pastikan Anda memeriksa isinya sebelum meminumnya, ya.

Yang pasti, gabungan asupan cairan yang berasal dari jus buah, jus sayuran, atau smoothies, tidak boleh lebih dari 150 ml sehari, atau setara dengan satu gelas kecil.

Lalu, bagaimana dengan minum banyak air?. Ternyata, minum terlalu banyak air juga bisa berakibat buruk bagi tubuh Anda. Intoksikasi air adalah gejala yang menunjukkan bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak air, dan kondisi ini dapat mematikan, dengan gejala mual, muntah, sakit kepala, dan dalam beberapa kasus terjadi pembengkakan otak, kebingungan, kejang, koma, dan kematian.

Untuk menghindari risiko yang terkait dengan air, serta untuk menjaga kulit dan kencing tetap sehat, jangan lupa minum enam hingga delapan gelas cairan yang direkomendasikan dalam sehari. Semoga bermanfaat. (Suara.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.