oleh

Cara Mudah Ubah File PDF dalam Bentuk Excel

PortalMadura.Com – Saat ini banyak ditemui dokumen dalam format PDF agar bisa digunakan di semua sistem operasi dan platform digital yang tersedia. Akan tetapi, terkadang ada sebagian orang yang menerima dokumen berisi spreadsheet atau tabel dengan format PDF yang butuh untuk diedit, atau anda perlu Ubah File PDF dalam Bentuk Excel

Mengedit file PDF ke excel secara langsung tentu terbilang cukup rumit. Nah, solusinya Anda perlu mengubah file PDF tersebut dalam bentuk XLSX yang biasa digunakan di Microsoft Excel terlebih dahulu sebelum diedit.
Sebenarnya, untuk mengubah file PDF menjadi Excel ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik secara online maupun offline. Apa saja?.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Kompres PDF Secara Online dan Offline

Ubah File PDF dalam Bentuk Excel

Berikut cara mengubah PDF ke Excel secara online maupun offline:

Secara Online

Melakukan konversi PDF ke Excel secara online ini memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya Anda bisa menggunakan berbagai perangkat asalkan terhubung dengan internet. Maka dari itu, dengan cara ini Anda bisa mengubah PDF ke Excel menggunakan ponsel Android, perangkat iOS, atau PC.

Apalagi, saat ini sudah banyak layanan konverter PDF online yang populer di internet. Salah satunya adalah Small PDF. Cara konversinya pun mudah saja, buka situs https://smallpdf.com/pdf-to-excel di browser ponsel Android maupun PC Anda. Setelah itu, klik Choose File untuk memilih dokumen PDF yang ingin diubah.

Selain itu, Anda juga bisa menggeser dokumen langsung dari Windows Explorer ke browser. Atau mengunggah dokumen langsung dari layanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox. Tunggu sesaat hingga dokumen selesai diunggah. Anda akan dihadapkan dengan dua opsi yaitu, Convert to Excel dan Convert to Excel with OCR.

Pilih opsi Convert to Excel jika ingin menggunakan layanan mengubah PDF ke Excel secara gratis. Anda juga bisa memilih opsi Convert to Excel with OCR jika ingin format hasil konversi terlihat lebih rapi, tapi opsi ini hanya tersedia untuk versi Pro yang berbayar.

Setelah memilih opsi tersebut, tunggu sesaat hingga proses konversi selesai. Setelah konversi selesai, file Anda sudah bisa diunduh dan disimpan di ponsel Android atau PC dalam format Excel yang siap untuk diedit.

Secara Offline

Instal terlebih dahulu aplikasi khusus untuk mengubah file PDF ke Excel secara offline, yaitu Foxit Reader. Untungnya, aplikasi ini bisa Anda unduh dengan gratis lewat situs resminya.

Namun sebelum memulainya, pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Foxit Reader di PC atau laptop. Untuk cara ini Anda cukup menggunakan metode copypaste yang cukup sederhana.

Setelah aplikasi Foxit Reader terpasang di PC atau laptop, buka dokumen PDF Anda yang ingin diubah menggunakan aplikasi tersebut. Setelah itu, blok isi dokumen dengan cara klik tab Home, kemudian Select dan Select text.

Setelah itu, blok dan pilih semua teks yang ada di di dokumen PDF Anda. Jika teksnya terlalu banyak, Anda cukup tekan tombol Ctrl+A untuk memilih semua teks secara otomatis. Lalu, klik kanan pada area yang diblok lalu pilih Copy. Selanjutnya, buka aplikasi Microsoft Excel di PC atau laptop Anda.

Kemudian, klik kanan pada sheet kosong lalu pilih Paste. Untuk menjaga format dokumen tetap rapi dan tidak berubah, pilih opsi Paste Keep Source Formatting. Setelah itu, teks yang ada di PDF akan tersalin dengan rapi sesuai dengan kolomnya masing-masing. Edit file atau atur formatting jika diperlukan. Jika sudah puas, simpan file tersebut ke PC atau laptop Anda.

Perlu diketahui jika proses pdf ke excel memang lebih rumit dibandingkan excel ke pdf, sebab di ms office atau program sejenis sudah banyak bisa langsung merubah ke pdf dengan cara save as dan memilih jenis file pdf pilihan save as type.

Itulah cara ubah pdf ke excel yang bisa kami berikan untuk anda yang sedang membutuhkanya, terutama untuk kepentingan pengolahan data seperti sedang menggarap skripsi, jurnal dan beragam kebutuhan lainya.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.