Cara Pilih Daycare yang Tepat untuk Anak, Catat!

Avatar of PortalMadura.com
Cara Pilih Daycare yang Tepat untuk Anak, Catat!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Orang tua yang setiap harinya sibuk bekerja tentu tidak memiliki waktu untuk mendidik si kecil sendiri di rumah. Biasanya, sebagian dari mereka akan menitipkan buah hatinya di . Apa itu daycare?.

Daycare merupakan salah satu tempat penitipan anak ketika orang tua mereka bekerja atau tidak berada di rumah. Di tempat ini si kecil bisa berinteraksi dengan dunia luar sekaligus mengasah kemampuan kognitif anak.

Maka dari itu, ketika orang tua memutuskan untuk menitipkan si kecil di daycare, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dalam memilih daycare. Sebab, hal ini akan berhubungan dengan kenyamanan bahkan keselamatan anak.

Sebagaimana menurut spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K) mengatakan, ada konsep child prooving atau kegiatan yang memastikan lingkungan aman untuk beraktivitas. Bahkan, ada beberapa standar keamanan tertentu yang memang harus dipenuhi oleh daycare.

Baca Juga: Bunda, Ini 3 Cara Cerdas Pilih Daycare yang Baik dan Berkualitas

“Sebelum menitipkan di daycare, orang tua harus tahu dulu kegiatannya apa di daycare itu. Jadi jangan di hari pertama langsung dititipkan,” tutur dr May, sapaannya, dilansir PortalMadura.Com, Senin (1/7/2019).

Selain itu, lanjut dr May, ada baiknya agar orang tua datang saja terlebih dahulu untuk melihat-lihat situasi daycare. Orang tua harus aware sendiri soal standar keamanan untuk anaknya. Tujuannya, selain si kecil merasa aman di tempat tersebut, mereka juga bisa menyerap pembelajaran dengan baik.

“Yang kedua, ngobrol sama pengasuhnya yang tahu biasanya sehari-hari anak diapakan. Kalau lagi ada yang sakit, kebijaksanaan di daycare bagaimana, kalau dalam satu ruangan isinya maksimal berapa. Itu semua harus tahu sih sebelum memutuskan apakah anak bisa dimasukkan ke daycare atau enggak,” tutup dr May.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.