Cara PKBM Al-Masthuriyah Membangun Kawula Muda Hidup Mandiri

Avatar of PortalMadura.com
Cara PKBM Al-Masthuriyah Membangun Kawula Muda Hidup Mandiri
Peserta pendidikan kecakapan wirausaha (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Al-Masthuriyah, terpanggil untuk mengurangi angka pengangguran di kalangan muda-mudi kampung.

yang berkedudukan di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, salah satunya mengadakan pelatihan editing video bagi 20 kawula muda desa.

Program bertajuk “Pendidikan Kecakapan Wirausaha” tersebut dibuka langsung Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Disdik Sumenep, Hj. R. Raihani, Kamis (17/6/2021).

Cara PKBM Al-Masthuriyah Membangun Kawula Muda Hidup Mandiri
Hj. R. Raihani (@portalmadura.com)

Pihaknya mengharapkan dengan pendidikan kecakapan wirausaha yang diselenggarakan PKBM Al-Masthuriyah, betul-betul bermanfaat bagi peserta pelatihan.

“Saya mengharapkan dengan adanya program ini, yang pertama betul-betul bermanfaat bagi peserta, sehingga nilainya dapat mensejahterakan peserta dulu, baru keluarga,” kata Hj. R. Raihani, usai membuka pelatihan.

Ia menjelaskan, program yang diselenggarakan PKBM Al-Masthuriyah merupakan program Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbud Th 2021.

“Ini program pusat, yang menentukan dan yang melakukan verifikasinya juga pusat. Kegiatannya berkenaan dengan keterampilan,” terangnya.

Sementara, Ketua PKBM Al-Masthuriyah, Mahfud Reyadi menjelaskan, peserta dari program pendidikan kecakapan wirausaha adalah kawula muda dari berbagai desa. “Ada 20 peserta yang ikut pelatihan ini,” katanya.

Mereka akan mengikuti pelatihan video editing selama 150 jam. Setiap pertemuan dialokasikan 4 jam. “Jadi, membutuhkan waktu kisaran 25 hari pelatihan,” terangnya.

Pasca mengikuti program pendidikan kecakapan wirausaha, para peserta diharapkan mampu mengembangkan kualitas diri sehingga bisa menjadi kawula muda mandiri, baik dari ekonomi maupun kemampuan IT.

Pelaksanaan pelatihan tersebut, salah satunya juga bekerjasama dengan PortalMadura.Com.(*)

PKBM Al-Masthuriyah Bangun Kawula Muda Hidup Mandiri Melalui Pelatihan Editing Video

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.