Cara Sederhana Perawatan Kulit dan Rambut dengan Minyak Zaitun

Avatar of PortalMadura.com
Cara Sederhana Perawatan Kulit dan Rambut dengan Minyak Zaitun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidak hanya bagus untuk kesehatan otak dan jantung, akan tetapi juga sangat membantu untuk . Minyak zaitun memiliki sifat anti-penuaan, anti-inflamasi, dan sangat bergizi sehingga menjadikannya bahan yang bagus untuk banyak salep dan serum.

Seperti yang dilansir republika.co.id dikutip dari laman prevention.com, ada enam cara sederhana agar manfaat yang terdapat pada minyak zaitun bisa dioptimalkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Pertama, untuk melembutkan tangan yang kering. Buatlah krim anti-penuan minyak zaitun yang dicampur dengan sejumlah bahan. Kombinasikan satu sendok makan minyak zaitu, satu sendok ghee organik (mentega khas masakan India), seperempat sendok minyak vitamin E, dan 5-10 tetes minyak esensial.

Baca Juga: Ngisi Workshop di Yogyakarta, Istri Bupati Pamekasan Sampaikan Ide Peningkatan PAUD

Setelah krim campuran sejumlah bahan itu terbentuk, lalu oleskan ke tangan, kuku, dan bagian kulit lainnya. Setelah itu, gunakanlah sarung tangan untuk menutup bagian yang dioles selama 30-60 menit ataupun semalaman.

Kedua, membuat pelembab untuk cukuran. Pelemban ini akan memiliki kekuatan anti-bakteri. Cara membuatnya, campurkan 5-10 tetes minyak esensial cedarwood ke dalam setengah cangkir minyak zaitun. Untuk pemakaiannya hanya perlu dioleskan lalu tak perlu mencucinya jika sudah selesai.

Ketiga, membuat salep untuk penyembuhkan luka dan goresan. Sifat antiseptik minyak zaitun memungkinkan setiap orang bisa membuat neosporin-nya masing-masing.

Untuk membuatnya, campurkan zaitun denyan minyak kelapa, bunga kalendula dan rempah-rempah lavender. Lalu ditambah lilin lebah, pohon teh dan minyak lavender.

Keempat, untuk atasi radang kulit di pantat. Minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi bintik-bintik merah pada bagian pantat lantaran memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi kulit.

Cara membutanya, campurkan satu cangkir minyak zaitun dengan satu cangkir minyak kelapa, dan empat sendok makan lilin lebah di dalam air hangat. Buat juga bahan campuran dari 8 tetes minyak esensial lavender, 6 tetes minyak esensial lemon, 4 tetes minyak esensial. Setelah itu masukkan bahan campuran ke dalam campuran minyak zaitun.

Kelima, untuk perawatan rambut rusak. Salah satunya untuk perawatan rambut bercabang. Caranya, cukup hangatkan minyak zaitun di dalam air panas atau microwave, lalu oleskan ke ujung rambut hingga akarnya. Setelah itu diamkan selama 10-20 menit sebelum membilasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.