oleh

Cara Seniman Sampang Unjuk Seni Rupa Via Daring Pada Pandemi Covid-19

PortalMadura.Com, Sampang – Komunitas Perupa Sampang (KPS), Madura, Jawa Timur menggelar pameran lukisan berbasis jaringan (daring) via media sosial sejak 20 sampai 30 April 2020.

Kegiatan seni rupa berbasis online dilakukan seiring dengan kondisi kasus pandemi virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Sesuai himbauan dan anjuran secara nasional yang diampaikan pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona, pegiat seni rupa mengangkat tema pameran “Di Rumah Saja”.

Ada 15 seniman dari KPS yang ikut mempertunjukkan beragam karya lukisan masing-masing. Pameran ditayangkan dalam channel YouTube dan akun facebook (FB) Komunitas Perupa Sampang secara episode berupa foto plus video klip setiap hari sampai akhir April 2020.

Pada kegiatan pameran yang berbeda ini, Ketua KPS, Chairil Alwan tidak berbicara wabah dan korban jiwa akibat terpapar virus corona. Namun bersuara tentang sebuah harapan untuk bangkit dari rasa takut, kekhawatiran dan optimis.

Bersikap optimis sebagai bentuk doa, maka akan selamat dan menang dari segala rasa takut terhadap suatu ujian. Terutama pada kasus pandemi global virus corona.

“Wujud dari potimis ini, KPS tidak ingin banyak bicara. Tapi, tetap semangat untuk berkarya dan terus berkarya,” ungkapnya, Senin (27/4/2020).

Baginya, tema “Di Rumah Saja” bukan sebuah hambatan. Bahkan menjadi pemicu terhadap seniman dalam berkesenian, berkarya dan merealisasikan agenda pameran seni rupa berbasis online di channel YouTube dan akun facebook Komunitas Perupa Sampang.

“Dengan semangat jiwa, menjaga jarak demi mencegah penularan virus corona, salam sehat dan salam budaya. Semoga sukses. Di Rumah Saja,” tegasnya.

Semua karya akan memberikan selera yang berbeda kepada para penonton atau netizen, mengedukasi dan menghilangkan rasa panik dalam menghadapi wabah virus corona.

Penasaran dengan karya teman-teman seniman yang dipamerkan via daring, netizen dapat mengunjungi channel YouTube dan akun facebook Komunitas Perupa Sampang.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar