oleh

Cara Simpan Kontak di Telegram Tanpa Harus Masukkan Nomor Telepon

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu pengguna Telegram?. Pernahkah Anda ingin menambahkan kontak di Telegram tapi bingung dengan caranya?. Ya, di Telegram pengguna harus memasukkan dan mencari nomor telepon teman terlebih dahulu, untuk bisa menambahkan teman ke daftar kontak.

Cara menambahkan kontak memang agak berbeda dengan aplikasi chatting lainnya seperti WhatsApp atau Line. Jika di WhatsApp misalnya, pengguna yang ingin menghubungi teman cukup mengunjungi menu kontak yang tersedia di ponsel. Jika teman Anda memiliki akun WhatsApp, maka Anda bisa terhubung secara otomatis.

Nah, sedangkan di Telegram lebih sulit dari itu. Tapi tenang saja, ada cara lain yang lebih mudah, yaitu menambahkan kontak di Telegram tanpa harus memerlukan nomor handphone. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now:

1. Pertama, buka aplikasi Telegram di perangkat Anda.

2. Di halaman utama, klik ikon tiga titik di pojok kiri atas untuk membuka menu pengaturan.

3. Pilih opsi “Settings”, lalu klik “Username” di sub-menu “Account”.

4. Tentukan username sesuai keinginan Anda. Perlu dicatat, langkah ini berlaku bagi Anda yang sebelumya belum membuat username di akun Telegram

5. Setelah membuat username, Anda bisa membagikan link yang berada di bagian bawah kepada teman yang ingin menambahkan Anda sebagai kontak.

6. Jika Anda ingin menambahkan kontak, Anda bisa mencari username teman Anda di kolom search yang berada di atas kolom riwayat chat.

7. Ketik username teman Anda dengan menambahkan kata kunci “@” di awal. Sebagai contoh “@Conny245”.

8. Sebelum memasukkan kata kunci username, pastikan Anda dan teman Anda sudah mengetahui username masing-masing.

9. Setelah itu, akan muncul hasil pencarian yang sesuai. Anda bisa langsung meng-klik untuk menambahkannya ke dalam daftar kontak.

Demikian cara menambahkan kontak di telegram tanpa perlu nomor telepon. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Kompas.Com

Komentar