Cara Tepat Pilih Sarung Penutup Mobil

Avatar of PortalMadura.com
Cara Tepat Pilih Sarung Penutup Mobil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu aksesoris mobil yang berfungsi menjaga agar mobil yang diparkir tidak berdebu atau terkena kotoran, yaitu ().

Sekarang ini memang sudah banyak car cover yang dijual di pasaran, tinggal memilih bentuk dan ukuran yang cocok saja. Walaupun demikian, Anda sebagai pemilik mobil harus tetap memerhatikan bahannya dan ukuran yang tepat agar tidak salah pilih.

Jadi, simak penjelasan di bawah ini sebelum Anda membelinya:

Pilihlah penutup mobil yang ukurannya sesuai dengan mobil, jangan terlalu besar ataupun malah terlalu kecil. Jika ukuran sarung terlalu kecil akan ada bagian sisi bodi bagian bawah yang tidak tertutupi, sehingga bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

Sarung mobil yang terlalu besar kemungkinan tidak terpasang dengan presisi sehingga bagian bawah sarung mobilnya tidak kencang, hal ini dapat menyebabkan sarung terlepas atau terangkat ketika ada angin yang berhembus kencang.

Selain ukuran, bahan sarung mobil juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lokasi parkir mobil. Apabila lokasi parkir mobil pada tempat terbuka (outdoor) atau yang kemungkinan besar terkena hujan, sebaiknya menggunakan sarung mobil berbahan dasar parasut atau polyester.

Bahan jenis ini mempunyai ciri-ciri antara lain permukaan bahannya yang licin dan tidak berpori, sehingga mempunyai efek waterproof saat terkena air hujan.

Kekurangan bahan yang tidak tembus air adalah kemungkinan adanya embun di bagian dalam sarung mobil. Jika bagian dalam sarung mobil berembun atau ada air yang meresap, segera lepaskan dan keringkan sarung mobilnya. Tujuannya agar tidak terjadi bercak-bercak jamur di permukaan cat mobil.

Sedangkan untuk mobil yang sering parkir di dalam ruangan seperti garasi, pilih sarung mobil berbahan dasar kain yang berpori-pori. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi udara dan menghindari kelembaban permukaan cat bodi mobil.

Perlu diingat juga untuk berhati-hatilah memilih sarung mobil yang warna-warni. Pilih yang berkualitas dan sebaiknya lakukan tes luntur-tidaknya warna sarung mobil yang dibeli. Ada beberapa sarung mobil yang warnanya luntur saat terkena air hujan. Akibatnya, warna yang luntur melekat pada permukaan bahkan merusak cat mobil.

Dari sisi bahan sarung mobil juga menentukan keamanan dari cat mobilnya, jika bahan yang digunakan kasar tentu membuat permukaan cat mobil menjadi baret-baret halus. Sebaiknya pilihlah sarung penutup mobil yang berbahan halus agar kondisi cat mobil Anda tetap terjaga baik. (metrotvnews.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.