oleh

Cara Yang Baik dan Benar Tanam Sayur di Rumah

PortalMadura.Com – Mengonsumsi sayuran tentunya sangat baik bagi tubuh manusia. Apalagi memakannya dari hasil tanam sendiri di pekarangan rumah, sensasinya akan berbeda dengan yang membeli di pasar atau swalayan.

Karena, setiap proses tanamnya diketahui secara langsung oleh pemilik tanaman, sehingga tidak ada campur tangan obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi. Sebagaimana yang diketahui, sekarang ini banyak tersiar kabar jika beberapa jenis sayuran mengandung kimia.

Selain tidak baik bagi kesehatan, jika dibiarkan akan memakan korban banyak. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menanam sayuran di rumah. Hal ini untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

Seiring tren urban farmin, makin banyak orang menanam sayuran di rumah, biasanya dengan teknik hidroponik. Selain menyalurkan hobi berkebun, hasil sayuran pun lebih higenis karena tahu detail perkembangannya. Tapi, dalam teknik menanamnya, dibutuhkan keterampilan khusus.

Sebagaimana dilansir Liputan6.com yang dikutip dari Asia One, menanam sayuran di rumah, baik dengan teknik hidroponik ataupun tidak, memerlukan keterampilan khusus agar sayuran yang dihasilkan berkualitas.

Terlebih, Darren Tan, ahli pertanian Singapura, menjelaskan bahwa setiap jenis tanaman memiliki prefensi berbeda pada cahaya, panas, tanah dan air. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, maka terlebih dahulu tahu dengan semua itu.

Ia juga menjelaskan, cara menanam sayur di kebun dan di rumah sangatlah berbeda. Ketika hendak menanam sayuran di rumah, harus tahu jenis tanaman seperti apa yang cocok dan mengetahui cara perawatan yang benar sebelum Anda menanamnya.

Perlu Anda tahu, sayuran terbilang sensitif jika ditanam dengan kondisi tanah, suhu dan jadwal penyiraman yang tidak cocok. Misalnya pohon kemangi, yang tidak boleh diberi air terlalu banyak, tapi juga tidak bisa dibiarkan kering. Tanaman itu setidaknya butuh disiram dua kali sehari.

Loading...

Tanaman sayur yang baik adalah yang tidak ditumpangi hama dan gulma, sehingga pastikan untuk mengganti air dan membersihkan pipa untuk hidroponik, dan memeriksa parasit. Pastikan juga air di sekitar tanaman tidak ada yang menggenang terlalu lama, supaya nyamuk tidak berkembang biak.

Jangan lupa berikan nustrisi tanaman secara rutin. Menurut Darren, nutrisi yang aman sangat penting untuk tumbuhan. Karena hasil sayuran nantinya akan dikonsumsi sendiri, pastikan nutrisi yang diberikan harus aman.

Jenis pupuk yang tersedia untuk sayuran beragam. Tetapi untuk menghindari risiko, lebih baik beli pupuk dari toko yang sudah terpercaya. Anda dapat mengecek sumber nutriri dari produk yang dijual di toko terpercaya.

Terakhir adalah, perhatikan tempat yang cocok untuk lahan tanaman Anda. Beberapa orang memilih benih terlebih dahulu baru mencari tempat yang cocok, tapi menurut Darren, memastikan tempat yang cocok dahulu baru memilih benih adalah langkah terbaik.

Baca Juga : Nikmati Manfaatnya, Jika Tanam 4 Sayuran Ini di Pekarangan Rumah

Jadi jangan terbalik, sebab dengan memastikan tempat terlebih dulu, Anda bisa merancang desain taman yang efektif. Misalnya, sesuaikan kebutuhan sinar matahari dengan jenis tanaman, pisahkan mana yang membutuhkan paparan sinar matahari penuh, dengan tanaman yang pas diletakkan di tempat teduh seperti di bawah pohon besar atau belakang dinding.

Demikian cara efektif menanam sayur di rumah. Budayakan hidup sehat agar tubuh semakin sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar