Ini 5 Dampak saat Waktu Tidur Malam Anda Terganggu

Avatar of PortalMadura.com
Ini 5 Dampak saat Waktu Tidur Malam Anda Terganggu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang menunda waktu tidur di malam hari, dengan berbagai pekerjaan dan terlalu sibuk dengan berbagai urusannya. Bahkan kebanyakan orang sampai tidak tidur seharian penuh dan membuat kesehatan tubuh terganggu.

Seperti yang dilansir detik.com dikutip dari Huffpost, beberapa para ahli mengatakan seseorang yang kurang tidur bisa berdampak pada keadaan fisik bahkan mentalnya juga sangat menonjol. Berikut ini beberapa dampak yang didapatkan saat waktu tidur malamnya terpotong.

Daya Ingat Menurun
Seorang profesor di Fakultas Kedokteran di Texas A&M, David Earnest mengatakan efek kurang tidur dapat membuat daya ingat atau memori otak tidak bekerja secara efisien. Akibatnya, daya ingatnya akan terus menurun bersamaan dengan waktu tidur Anda.

Baca Juga:  Ciri-ciri dan Tata Cara Cek kesehatan Mental yang Aman

Tidur memiliki peran utama untuk mengelola atau mengatur memori, proses ingatan jangka pendek atau pun jangka panjang. Jika waktu tidur terganggu, daya ingat akan menurun.

Cenderung Membuat Keputusan yang Buruk
Salah satu bagian otak seperti korteks prefrontal akan terganggu saat Anda kurang tidur. Bagian dari otak ini yang berfungsi untuk memberikan penilaian, keputusan, mengontrol rangsangan serta emosi.

Baca Juga : Parkir Liar di Depan Pasar Kamal Bangkalan Tetap Beraktivitas

Selain itu, bagian ini juga membantu mengerti akan pikiran orang lain. Ketika seseorang tidak cukup tidur, dapat memberikan penilaian yang buruk. Keputusan yang diambil menjadi impulsif dan menjadi orang yang kurang mampu menilai potensi bahkan keputusan yang diambil akan berpotensi negatif.

Baca Juga:  SAI dan PDI Perjuangan Gelar Operasi Katarak Gratis, Jadi Agenda Tahunan

Lebih Mudah Tersinggung
Orang yang kurang tidur cenderung akan lebih rewel dari biasanya dan membuat suasana hati menjadi buruk. Selain itu, ini juga akan berpengaruh saat berkomunikasi dengan orang lain.

Ia akan lebih mudah tersinggung bahkan cepat marah. Jika dilihat dari fisiknya, entah wajah atau tubuhnya terlihat seperti sangat kelelahan.

Sistem Kekebalan Tubuh terganggu
Saat Anda kurang tidur produksi sitokin di tubuh akan terganggu. Sitokin merupakan protein-protein kecil yang bertugas sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi, dan hematopoesis.

Ini sangat berperan besar dalam menentukan respon imun tubuhmu. Salah satu ahli tidur mengatakan, ketika seseorang begadang semalaman, fungsi imun tubuh akan terganggu dan bisa membuatmu rentan terserang penyakit.

Baca Juga:  8 Manfaat Ikan Nila bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Cepat Lapar
Kurang tidur juga ternyata bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon leptin-ghrelin. Ghrelin adalah ‘hormon lapar’ yang ada di dalam tubuh. Hormon ini bertugas untuk meningkatkan nafsu makan.

Sementara leptin merupakan ‘hormon kenyang’ yang dapat menghambat rasa lapar pada tubuh. Saat waktu tidur tidak tercukupi, malah akan meningkatkan kadar ghrelin. Itu yang mempengaruhi orang yang sering begadang lebih cepat lapar daripada yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.