Catat! Ini 5 Trik Cerdas Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

  • Bagikan
tabungan dana pensiun jaminan hari tua
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di tengah kesibukan aktivitas setiap hari dalam memenuhi kebutuhan hidup, sudahkah Anda menyempatkan diri untuk memikirkan kapan Anda akan mulai berhenti atau pensiun dengan pekerjaan Anda itu?. Jika iya, di usia berapakah?. Dan apa Anda sudah menyiapkan dananya juga?.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyempatkan diri untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Padahal, menyambut usia yang tidak akan produktif lagi seseorang perlu menganggarkannya dan memikirkannya demi masa depan yang mandiri.

Berikut cara menyiapkan dana pensiun sejak dini. Mau tahu?. Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Persiapkan Sejak Dini
Kebiasaan untuk berhemat dan menabung tidak akan pernah tercapai jika Anda terus menunda untuk melakukannya. Alangkah baiknya jika kebiasaan menabung dimulai dari sekarang. Mintalah bantuan pihak perencana keuangan atau orang-orang yang sudah berpengalaman mengatur keuangan untuk membantu Anda melakukan penghematan.

Usahakan minimal ada tiga hingga sepuluh persen penghasilan yang ditabung setiap bulan untuk persiapan dana pensiun.

Mencatat Setiap Pengeluaran
Terkesan sepele namun mencatat setiap pengeluaran sangat penting Anda lakukan. Banyak orang lupa mencatat pengeluaran tidak terduga, yang berisiko sebabkan tabungan terkuras, atau yang terburuk, pendapatan Anda tidak mencukupi kebutuhan biaya di bulan terkait.

Padahal, untuk menghemat pengeluaran biaya konsumsi di kantor, Anda bisa membawa bekal makan siang atau membeli makan siang dengan harga yang lebih terjangkau.

Menabung Sebagai Kewajiban
Gunakan tabungan khusus untuk menabung dana pensiun. Sisihkan tiga hingga sepuluh persen dari total gaji untuk menabung dana pensiun. Setelah menyisihkan uang tabungan rutin setiap bulan, barulah sisa pendapatan bisa digunakan untuk hal-hal lain yang sifatnya hiburan atau pelengkap.

Jika Berutang Lunasi Segera
Jika memiliki utang, alangkah baiknya bila Anda segera melunasi. Utang yang bunganya besar akan menggerogoti pendapatan Anda secara teratur. Bahkan, banyak kasus menunjukkan hal tersebut berisiko memicu tindakan ‘tutup gali lubang’ yang semakin mempersulit kondisi keuangan.

Jangan Malas untuk Berinvestasi
Usahakan untuk memiliki investasi. Menabung saham, reksadana, emas bisa menjadi pilihan yang bijak buat Anda. Jangan mudah tergoda dengan investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Bijak memilih jenis investasi ini pun sangat penting.

Itulah 5 tips untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.