oleh

Catat, Ini 8 Tanda Rem Mobil Anda Bermasalah

PortalMadura.Com – Rem merupakan salah satu peranti yang sangat penting bagi setiap kendaraan. Rem adalah satu-satunya alat untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan, baik itu pada mobil atau sepeda motor.

Khusus rem mobil dipasang pada masing-masing roda. Ketika pedal rem diinjak, terjadi gesekan antara pelapis sepatu rem dengan tromol atau pad rem dengan piringan, maka laju kendaraan dapat dikurangi atau dihentikan. Namun, ketika terjadi kegagalan pada sistem rem, kendaraan akan sulit dihentikan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan pun dapat terjadi.

Berikut delapan tanda yang muncul ketika sistem rem mobil bermasalah:

Pedal Rem Bergetar Ketika Dilakukan Pengereman
Ketika dilakukan pengereman, terjadi gesekan pada rem. Hal ini akan menghasilkan panas serta pemuaian pada logam. Kejadian dalam waktu tertentu menyebabkan perubahan struktur logam pada piringan tersebut. Piringan menjadi oleng, sehingga pedal rem terasa bergetar saat diinjak.

Rem Berbunyi Saat Pengereman
Ketika pedal rem diinjak dan timbul bunyi asing maka hal tersebut harus diwaspadai. Ada kemungkinan lapisan kampas atau pad rem sudah aus. Bunyi tersebut timbul karena adanya gesekan antara metal pada piringan dan pad rem.

Kendaraan Narik Satu Arah
Tenaga pengereman harus bekerja merata pada masing-masing roda berdasarkan penekanan pedal rem dan beban kendaraan. Anda harus waspada, ketika pedal direm, diinjak kemudian ada kecenderungan kendaraan narik ke satu arah. Ada kemungkinan rem macet pada salah satu sisi roda.

Rem Kurang Pakem
Rem harus bekerja efektif untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Saat pedal rem sudah diinjak kuat dan kendaraan masih belum berhenti, maka hal ini bisa menjadi tanda rem kurang pakem. Salah satunya bisa disebabkan karena lapisan kampas rem atau pad rem sudah aus.


Komentar