oleh

Cegah Covid-19, Pengendara Motor Perlu Lakukan 6 Hal Ini

PortalMadura.Com – Adanya virus corona (Covid-19) yang terjadi sekarang memang meresahkan setiap orang, oleh karena itu upaya pencegahan virus harus dilakukan agar tidak terjadi pada diri Anda. Penyebaran virus dikabarkan sangat cepat dan menular dari manusia ke manusia.

Melihat kondisi virus corona yang tidak memungkinkan, bagi Anda harus hati-hati untuk menanggulanginya terlebih bagi pengendara motor. Terdapat cara bagi pengendara motor untuk menghindari terjadi virus corona (Covid-19) tersebut.dilansir PortalMadura.Com, Rabu (25/3/2020), dari laman Okezone.com:

Rajin Bersihkan Motor

Virus corona bisa ditularkan dengan melalui percikan air liur yang tersebar melalui batuk ataupun bersin oleh orang terinfeksi. Makanya, Anda jangan malas untuk mengelap atau mencuci motor. Anda juga bisa menyemprotkan anti bakteri terutama di bagian yang sering dipegang, seperti setang dan tuas rem.

Jaga Kebersihan Helm

Jangan lupa untuk memerhatikan helm apakah pernah digunakan orang lain atau disimpan di luar, terutama helm penumpang. Helm merupakan sejatinya perangkat yang bersifat pribadi. Namun, bagi pengguna ojek online helm adalah fasilitas yang di khususkan oleh penumpang. Sayangnya, Anda tidak tahu apakah helm yang disiapkan bekas orang tersebut terpapar adanya virus atau tidak.

Untuk mencegah terpapar dari virus, Anda perlu lap helm sebelum dipakai dan gunakan masker. Anda tidak tahu helm terkena percikan batuk atau tidak. Bagi pengemudi ojol juga sebaiknya harus rutin untuk membersihkan helm penumpang.

Gunakan Masker

Menggunakan masker adalah salah satu cara pencegahan dari virus corona. Karena, udara yang ada di luar sangat rentan terpapar polusi dan virus. Bagi Anda yang merasakan sakit, seperti demam, pilek, dan batuk, wajib gunakan masker supaya tidak menulari ke orang lain.

Cuci Tangan

Salah satu anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman adalah tangan. Maka dari itu sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah mengendarai motor. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari potensi tertularnya penyakit.

Baca Juga : Pengendara Motor, Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Siapkan Hand Sanitizer

Sebagai alternatif, Anda juga bisa membawa hand sanitizer. Hal ini untuk berjaga-jaga bila tidak ada toilet terdekat untuk mencuci tangan Anda.

Jaga Kesehatan

Meskipun virus corona tidak ada obatnya, Anda perlu menjaga kesehatan agar tidak terjangkit dari virus tersebut. Karena virus corona akan susah menjangkit Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Makanya Anda selalu menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, makan bergizi, diolah dengan baik, minum multivitamin yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Segera periksa ke dokter jika Anda kurang sehat, khususnya jika ada gejala terjangkit virus corona (Covid-19). Semoga bermanfaat!

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.