Cegah Mobil Jadi Incaran Maling dengan 3 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Cegah Mobil Jadi Incaran Maling dengan 3 Cara Ini
Ilustrasi (detik oto)

PortalMadura.Com – Salah satu alat transportasi yang aman, nyaman dan bisa untuk keluarga yaitu . Namun, semakin banyak mobil yang berseliweran di jalan raya semakin tinggi pula masalah yang ditimbulkannya. Seperti misalnya kasus pencurian mobil yang saat ini marak terjadi.

Modus yang digunakan untuk mencuri mobilpun bermacam-macam. Bahkan tidak jarang, pencuri tidak membawa kabur mobil hanya saja mengambil barang berharga yang ada dalam mobil. Oleh karena pengendara haris lebih hati-hati.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mobil menjadi incaran maling. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari situs jual beli mobil bekas Mobil88, berikut ini penjelasannya:

Selalu Mengunci Pintu Kendaraan

Memulai kebiasaan yang aman dengan selalu mengunci pintu mobil dan jangan biarkan mobil tidak terpantau saat hendak beraktivitas ke luar mobil meskipun hanya sebentar.

Misalnya mengisi bensin, mengambil uang di ATM, dan sejenisnya. Bahkan pastikan pintu terkunci saat kita sedang menunggu di dalam mobil.

Kebiasaan lain yaitu tidak menyimpan benda berharga seperti laptop, telepon genggam, kamera digital, dan sejenisnya di dalam mobil.

Apalagi jika disimpan begitu saja di bangku penumpang, posisi ini mudah terlihat dan bisa memicu kriminalitas. Jika terpaksa menyimpan barang di mobil, pastikan posisinya tersembunyi.

Menambah Aksesoris Keamanan

Menambah beberapa aksesoris keamanan. Mungkin pengamanan tambahan ini tidak sepenuhnya bisa menghalau pencuri, tapi setidaknya mereka akan kesulitan membobol pertahanan mobil.

Selain aksesori yang bisa dipakai misalnya, memasang kunci setir ketika mobil tidak dipakai dan memasang kawat baja alias sling yang dikombinasikan dengan gembok hardened pada ban.

Selain itu, kita dapat menanamkan pelacak GPS pada mobil yang tersinkronisasi dengan smartphone untuk mengetahui posisi mobil secara real time, setiap saat.

Fitur Immobilizer

Beli mobil yang memiliki teknologi immobilizer. Mobil dengan fitur ini hanya bisa menyala jika kuncinya berada di slot starter atau harus ada di dalam mobil.

Mobil jenis ini bahkan sudah ada yang tidak menggunakan slot kunci, namun hanya memakai tombol “starter” untuk menyalakan mesin.

Dengan demikian, pencuri tidak bisa mengakali lubang kunci starter karena memang tidak ada. Satu-satunya cara adalah dengan membawa serta kuncinya, yang tentu saja selalu kita bawa atau disimpan di tempat aman.

Namun, Teknologi tersebut memang hanya tersemat pada mobil keluaran terbaru yang termasuk jenis mobil kelas atas. Namun tenang saja, mobil jenis ini masih bisa didapatkan versi sekennya dengan kondisi yang masih berani diadu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.