Cegah Penyakit Jantung dengan 5 Jenis Minyak Goreng

Avatar of PortalMadura.com
Cegah-Penyakit-Jantung-dengan-5-Jenis-Minyak-Goreng
Ilustrasi (faktualnews.com)

PortalMadura.Com – Pola makan yang banyak mengandung lemak jenuh dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol dan risiko . Oleh karena itu, menjalani termasuk pemilihan jenis menjadi penting. Tiap jenis minyak goreng memiliki kadar lemak tak jenuh (lemak baik) dan lemak jenuh (lemak jahat) yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, berikut berbagai pilihan minyak goreng yang baik untuk jantung:

Minyak Zaitun

Ini karena lemak dalam minyak zaitun sebagian besar berupa lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Minyak ini mengandung sejumlah antioksidan serta sedikit vitamin E dan K. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengolah makanan dengan cara ditumis dalam suhu sedang.

Minyak Kacang

Minyak kacang mengandung vitamin E dan berbagai jenis lemak, namun kandungan lemak baiknya lebih tinggi daripada lemak jahat. Minyak goreng ini karena dianggap baik untuk kesehatan jantung.

Minyak

Lemak yang terkandung di dalam minyak alpukat juga berupa lemak tidak jenuh, serta bebas kolesterol, sehingga baik untuk jantung. Minyak ini aman digunakan dalam suhu yang tinggi tanpa membuatnya berasap.

Sunflower Oil

Minyak biji bunga matahari mengandung lemak baik jenis lemak tak jenuh ganda, antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat, vitamin E, serta mineral.

Minyak Kanola

Minyak kanola memiliki ciri khas yaitu tidak memiliki rasa. Selain itu, titik asap minyak kanola tergolong tinggi sehingga bagus digunakan untuk memanggang, membakar, dan menumis. Titik asap adalah batas suhu di mana minyak akan mengalami perubahan kandungan gizi. Minyak kanola juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi dibandingkan minyak nabati lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.