oleh

Cegah Virus Corona, KBM di Sampang Via Daring

PortalMadura.Com, Sampang – Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa di sekolah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diliburkan sejak tanggal 16 sampai 28 Maret 2020.

Hal tersebut berlaku bagi seluruh jenjang pendidikan, meliputi Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Aktifitas siswa dilaksanakan di rumah sampai menunggu perkembangan dan regulasi selanjutnya,” terang Pelaksana tugas (Plt) Disdik Sampang, Nor Alam, Senin (16/3/2020).

Hal itu, menindaklanjuti kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI), serta Rapat Sektor Pendidikan dari Satuan Tugas Keadaan Darurat Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penangan virus Corona atau Covid-19 di Provinsi Jawa Timur.

Pihaknya meminta pengawas, dan penilik jenjang pendidikan TK, SD, dan SMP tetap mejalankan tugas sebagaimana mestinya.

Sedangkan guru di lembaga atau sekolah harus menyiapkan materi pembelajaran untuk melaksanakan proses KBM melalui jaringan internet atau dalam jaringan (daring) dan memberikan tugas pembalajaran yang disebar via aplikasi WhatsApp kepada wali siswa supaya dikerjakan di rumah.

“Walaupun tidak masuk di sekolah, semua siswa tetap bisa belajar mandiri di rumah,” katanya.

Ia meminta sekolah agar aktif berkoordinasi dengan rumah sakit atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk memastikan ketersediaan sarana prasarana (Sarpras) sebagai upaya pencegahan virus corona di lingkungan sekolah.

“Petugas harus membersihkan lingkungan sekolah dengan menggunakan bahan tertentu untuk pencegahan wabah virus corona,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar