Cek 3 Komponen Ini Saat Mobil Tak Bisa Nyala

Avatar of PortalMadura.com
Cek 3 Komponen Ini Saat Mobil Tak Bisa Nyala
ilustrasi

PortalMadura.Com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini beberapa mobil sudah menggunakan fitur start-stop. Sayangnya, tidak sedikit pula yang masih belum menyematkan fitur tersebut. Sehingga keberadaan komponen starter masih sangat diperlukan.

Apalagi, pemilik kendaraan bisa saja mengalami starter mobil yang tidak mau menyala. Nah, untuk mobil bertransmisi manual, pengendara masih bisa mengatasinya dengan cara mendorong mobil bersamaan dengan pengemudi memasukkan persneling ke gigi dua, sehingga secara otomatis mesin mobil akan menyala. Akan tetapi, jika mobil yang dimiliki tersebut adalah berjenis matik, pemilik tentu harus mencari solusi lain. Salah satunya, yaitu melakukan pengecasan aki, mengutip dari liputan6.com, Jumat (19/7/2019).

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa memengaruhi dan menjadi penyebab mobil tidak mau menyala saat distarter. Apa saja?.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Motor Tak Gunakan Aki

Berikut tiga komponen yang perlu dicek saat motor tidak bisa menyala, seperti dilansir Garda Oto:

Aki

Aki bisa menjadi penyebab utama mobil tidak mau distarter. Sebab, komponen ini berfungsi sebagai penunjang kelistrikan mobil, sehingga ketika aki bermasalah mobil tentu tidak akan menyala saat distarter. Kerusakan pada aki terjadi ketika suplai listrik dari aki pada mobil lemah di mana dinamo starter yang menggunakan listrik sebagai sumber energi tidak mampu menunjang.

Brush Dinamo

Penyebab lain starter mobil tidal bisa menyala adalah brush pada dinamo yang mulai habis. Hal ini tentu berpengaruh, karena di dalam dinamo starter terdapat beberapa komponen dan salah satunya merupakan brush atau sikat yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari aki ke rotor yang berputar.

Jika brush telah aus, penyaluran arus listrik dari aki ke rotor menjadi terhambat. Kendatipun aki masih full 12 Volt, tegangan yang sampai ke rotor bisa lebih rendah. Hasilnya, putaran dinamo starter menjadi lebih lambat dan mesin susah dihidupkan.

Busi

Ketika mesin susah hidup, komponen terakhir yang sering kali disalahkan adalah busi. Busi menjadi salah satu komponen yang digunakan dalam sistem starter mobil, bila bagian ini bermasalah, maka mobil tentu tidak bisa menyala. Dua faktor penyebab starter mobil tidak bisa menyala akibat komponen ini, yaitu busi yang kotor atau sudah perlu diganti.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.