oleh

Cek 4 Komponen Ini Setelah Motor Terendam Banjir

PortalMadura.Com – Di musim hujan seperti sekarang ini, terjadinya banjir terkadang tidak bisa dihindari. Tidak hanya di kota besar, di kota-kota kecil pun banjir seringkali mengintai. Hal ini tentu perlu kehati-hatian pemilik kendaraan saat motor kesayangannya terendam banjir.

Dikutip dari Detik.com, Jumat (10/1/2020), sebenarnya banjir bukan sahabat baik untuk kendaraan bermotor. Sebab jika tetap dipaksakan menerobos banjir bisa berisiko berat, pemilik kendaraan bisa-bisa harus mengeluarkan dana yang lebih besar karena motornya terendam banjir.

Sebaiknya banjir memang harus dihindari. Namun, kalau sudah terlanjur menerobos banjir atau motor terendam banjir saat sedang diparkir, ada beberapa hal yang harus dicek. Motor yang sudah terendam banjir pun disarankan untuk tidak langsung dinyalakan.

Baca Juga: 5 Langkah Penanganan Mobil Setelah Terendam Banjir

Mengutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, motor terutama jenis matik yang terendam banjir sebaiknya langsung dibawa ke bengkel. Setidaknya ada empat hal yang perlu dicek setelah motor terendam banjir. Apa saja?.

Pertama, filter udara. Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Jika terendam banjir, filter udara bisa rusak.

Kedua, knalpot. Apabila kemasukan air, motor berisiko mogok karena air di dalam knalpot menghambat arus gas buang sisa pembakaran di mesin.

Ketiga, untuk motor matik, periksa bagian CVT atau Continously Variable Transmission. Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

Terakhir, adalah oli mesin. Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin. Maka sebaiknya segera ganti oli setelah terendam banjir.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.