Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48, Buka Link prakerja.go.id

Avatar of PortalMadura.com
Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48, Buka Link prakerja.go.id
Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 48, Buka Link prakerja.go.id

PortalMadura.com kembali membuka seleksi pada gelombang ke-48 pada tanggal 17 Februari 2023. Namun, tahap awal pembukaan ini hanya dibatasi untuk 10 ribu peserta pelatihan.

Pada Minggu (26/2/2023), akun media sosial Instagram @.go.id mengumumkan peserta yang lolos sebagai penerima .

Dengan terpilihnya peserta-peserta yang lolos, insentif sebesar Rp 4,2 juta siap dibagikan dengan rincian Rp 3,5 juta biaya pelatihan, Rp 600 ribu insentif transportasi dan internet, dan Rp 100 ribu insentif pengisian survei.

Kartu Prakerja adalah sebuah program dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaannya akibat dari pandemi COVID-19.

Program ini memberikan insentif sebesar Rp 3,55 juta yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengikuti pelatihan dan kursus online, serta insentif transportasi dan internet selama masa pelatihan.

Ketua Tim Pengawas Program Kartu Prakerja, Agus Suwagijo, mengatakan bahwa program ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia yang terkena dampak ekonomi dari pandemi COVID-19.

Agus menambahkan bahwa program Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang ditujukan untuk menekan angka pengangguran di Indonesia.

Namun, program ini mendapat kritik dari beberapa pihak. Beberapa kritik yang dilontarkan termasuk adanya kecurangan dalam seleksi peserta serta rendahnya kualitas pelatihan yang diberikan.

Kritik lainnya adalah terkait dengan keterbatasan kuota peserta pelatihan yang hanya dibuka untuk sebagian kecil dari jumlah pengangguran di Indonesia.

Pada gelombang ke-48, Kartu Prakerja membuka pendaftaran untuk 10 ribu peserta. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan jumlah penyedia pelatihan Program Kartu Prakerja. Dengan terbatasnya pemberi layanan pelatihan, maka terbatas juga peserta yang bisa ikut mengambil pelatihan di Kartu Prakerja Gelombang 48 ini.

“Mengapa dibatasi? Karena menyesuaikan dengan program pendaftaran lembaga pelatihan yang (telah) dikurasi oleh manajemen pelaksana dari program kartu prakerja,” ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Konferensi Pers, Jumat (17/2/2023).

Namun, Airlangga menambahkan bahwa pelatihan yang tersedia masih dalam terbatas dan kuota ini akan ditingkatkan pada gelombang-gelombang selanjutnya.

Untuk mengetahui apakah Anda salah satu dari 10 ribu peserta yang lolos seleksi tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Ingin tahu apakah Anda salah satu dari 10ribu yang lolos seleksi tersebut? Simak cara untuk mengecek status kelulusan dari dashboard akun prakerja berikut ini.

1. Pilih cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id
2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, artinya proses seleksi sedang berlangsung
3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja
4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video
5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu PrakerjaSementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 48, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Sebagai informasi, peserta yang lolos diimbau segera membeli layanan pelatihan pertama. Pembelian pelatihan pertama ini memiliki jangka waktu maksimal 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.