oleh

Cek Kelayakan, Dishub Pamekasan Temukan Bus Tak Lengkap

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pamekasan, Madura, Jawa Timur menemukan bus tidak lengkap saat melakukan cek kelayakan bus di terminal Ronggosukowati, Rabu (8/7/2015).

Kepala Dishubkominfo Pamekasan, Mohammad Zakir mengatakan, cek kelayanan tersebut rutin dilakukan menjelang hari lebaran. Hal itu untuk mengantisipasi adanya bus yang tidak melengkapi alat-alat sebagaimana yang disyaratkan.

“Setelah kami melakukan cek ke beberapa bus. Ada salah satu bus yang tidak ada alat pemecah kaca apabila terjadi kecelakaan atau kebakaran, kami peringatkan untuk segera melengkapi. Kemudian ada izin trayeknya yang tinggal lima hari lagi, dan itu harus diperpanjang agar bisa beroperasi,” katanya.

Dalam operasi yang bekerjasama dengan Jasa Raharja dan Satlantas Polres Pamekasan ini merupakan tahap pertama menjelang lebaran. Adapun cek kelayakan meliputi uji kir, kelengkapan alat bus, seperti palu pemecah kaca, alat pemadam kebakaran, alat P3K serta izin trayek.

“Secara umum dari bus yang ada, sekitar 90 persen sudah siap. Harapan kami agar sopir melengkapi semua yang telah menjadi persyaratan, kemudian menjaga kesehatan jangan sampai ugal-ugalan apalagi pakai sabu-sabu, karena ini demi keselamatan penumpang,” harapnya. (Marzukiy/choir)


Komentar