Cek Ping Internet di Command Prompt, Ini Caranya

Avatar of PortalMadura.com
Cek-Ping-Internet-di-Command-Prompt,-Ini-Caranya
Ilustrasi (LifeWire)

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang berbeda-beda dalam memanfaatkan internet. Mulai dari menonton video streaming, bermain game, hingga mengunduh konten-konten kesukaannya. Tapi, saat kedapatan jaringan internetnya tersendat tentu mereka akan resah dan kebingungan.

Sebagian orang menggunakan untuk mengecek ketidakstabilan internet. Karena, Ping sering dikaitkan dengan kecepatan internet yang digunakan. Pasalnya, jika angka ping besar di atas 100ms, biasanya gim online atau aktivitas online lainnya akan terasa tersendat atau lag. Lalu, bagaimana cara mengetahui jumlah ping secara langsung?.

Begini cara mengecek ping pada koneksi yang Anda gunakan melalui . Yuk, ikuti cara yang telah dilansir PortalMadura.Com, Senin (5/4/2021) dari Tekno Liputan6 rangkum berikut ini.

Sebelum melangkah untuk mengecek jumlah ping internet Anda, sebaiknya terlebih dahulu mengecek ping koneksi ke bagian router WiFi yang Anda gunakan.

Caranya mudah, Anda perlu mengetahui alamat IP router tersebut, cukup ketik ‘ipconfig/all' di command prompt. Lalu, cek bagian ‘Default Gateway'. Kemudian, akan muncul beberapa data mengenai router tersebut. Namun, Anda perlu fokuskan ke bagian ‘Times'.

Jika angka yang ditunjukkan semakin kecil, dapat dipastikan internet Anda memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Setelah mengecek ping router, Anda bisa cek ping jaringan internet yang digunakan.

Caranya hampir sama, ketik ‘ping 8.8.8.8 –t' di Command Prompt dan tekan ‘Enter'. Itu adalah DNS Google yang biasa dipakai untuk mengecek kecepatan koneksi internet. Selain angka tersebut, Anda juga bisa menggunakan alamat situs.

Setelah menekan ‘Enter', akan keluar beberapa data secara terus menerus. Pada bagian ‘Times' tentu kadang berubah-ubah. Ketika angka yang ditampilkan semakin besar di atas 100ms, itu menunjukkan koneksi internet Anda lambat. Angka stabil jaringan internet biasanya berkisar di 10-60ms.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.