oleh

Ciptakan Alat Industri, Poltera Pamerkan Teknologi Modern

PortalMadura.Com, Sampang – Kampus Politeknik Negeri Madura (Poltera) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur melaksanakan pameran taknologi secara virtual pada tugas akhir mahasiswa.

Pameran teknologi yang dilakukan virtual itu melalui aplikasi zoom meeting dan media sosial channel YouTube dari kampus Poltera.

Ada tujuh mahasiswa yang menjadi perwakilan pada kegiatan pameran teknologi virtual, serta mempresentasikan hasil karya untuk tugas akhir kuliah.

Di antara mereka, yaitu Safiuddin dengan menciptakan Robot lengan pengelas berbasis mikrokontroler, M. Ruben Irawan menciptakan Prototype robot pemotong rumput dengan kontrol android.

Selain itu, Daryono membuat teknologi Rancang bangun mesin pembersih gulma tanaman padi di sawah.

Empat mahasiswa yang lain, M. Hendriansyah menciptakan mesin Rancang bangun pariwisata berbahan dasar PVC, Erika Nadya P membuat teknologi Sistem infus pintar yang terintegrasi dengan sistem android.

Ach. Taufik As’ad berhasil merancang teknologi bangun mesin pemotong untuk tulisan pada karangan bunga dengan bahan styrofoam, dan Nuril Mardatillah menciptakan alat untuk Desain lampu celup bawah air penarik perhatian ikan untuk diterapkan pada kapal tradisional.

“Kami mengadakan acara secara virtual dengan memperkenalkan produk-produk teknologi baru yang diciptakan mahasiswa tugas akhir Poltera,” terang Direktur Poltera Sampang, Dr. Arman Jaya, Rabu (30/9/2020).

Pameran produk teknologi yang dilaksanakan Poltera, merupakan salah satu program dari kementerian yang harus diinformasi dengan luas supaya produk baru yang telah diciptakan mahasiswa dapat diketahui oleh industri dan masyarakat.

iklan hari santri

“Sehingga teknologi yang sangat bermanfaat, industri dan masyarakat bisa tertarik untuk mengambil sebagai suatu produk baru,” katanya.

Tujuan pameran teknologi sangat simpel. Namun Arman menyebut ada pengaruh yang sangat luar biasa terhadap masyarakat dan industri.

“Bukti dari karya mahasiswa bisa saja akan terjalin kerja sama antara Politeknik atau pendidikan vokasi dengan industri,” ungkapnya.

Ciptakan Alat Industri, Poltera Pamerkan Teknologi Modern
Salah satu perwakilan mahasiswa dalam kegiatan pameran teknologi virtual (Foto: Rafi @Portalmadura.com)

Kegiatan pameran teknologi secara virtual, pihaknya melaksanakan sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 dan jangkauan penyebaran informasi.

“Kami mengaharapkan ke depan, agar kegiatan serupa akan terus berlanjut, serta ada tampilan produk teknologi modern yang menjadi semakin lebih baik, kreatif dan canggih,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Oktaviana Dwi K.K

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.