oleh

Ciptakan Wira Usaha Baru, Bupati Pamekasan Bantu Alat dan Modal hingga Pemasaran

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam membuka acara pelatihan untuk calon Wira Usaha Baru (WUB) di Pendopo Agung Ronggosukowati, Rabu (29/7/2020).

WUB merupakan program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam-Raja’e dengan target 10.000 pengusaha baru selama lima tahun kepemimpinannya. Pada tahun 2020, ada sebanyak 1.554 calon pengusaha yang akan dilatih, dengan rincian pelatihan klasikal 84 paket yang terdiri dari 20 jenis pelatihan dengan jumlah 1.344 orang.

iklan pilbup

Kemudian, pemagangan terdiri dari 2 kegiatan yang meliputi marketing online dan tenun ikat, masing-masing 5 orang di Surabaya dan Kediri. Workshop atau pembinaan bagi Wira Usaha Baru sebanyak 200 orang.

“Sumber daya manusianya akan kita latih, kemudian juga akan kami juga bantu alat untuk mengembangkan usahanya,” kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam dalam sambutannya.

Sekretaris DPW PKB Jawa Timur itu menambahkan, pihaknya juga akan membantu permodalan kepada calon WUB melalui pihak perbankan dengan bunga hanya 1 persen. Sebab, sisanya akan ditanggung oleh pemerintah kabupaten. Selain itu, pihaknya juga akan menerapkan dua model marketing, yakni marketing online dan offline.

“Kita akan ciptakan pengusaha milenial yang mampu bersaing dan menjaga semangat para calon pengusaha ini. Mereka juga akan didampingi oleh para tenaga pendamping yang telah kami rekrut,” tambah Sekjend IKA PMII Jawa Timur tersebut.

Mantan Anggota DPRD Jawa Timur itu melanjutkan, pihaknya berikhtiar menciptakan pengusaha baru guna menggali potensi daerah dari berbagai aspek. Hal itu tidak ada maksud lain kecuali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang selama ini tidak tereksplor dengan baik.

“Setelah usaha ini sukses, masyarakat bisa menggunakan produk lokal Pamekasan dari hasil kerja para calon pengusaha ini. Misalnya songkok asli Pamekasan, ikat pinggang dan lain-lain,” tutup mantan Ketua PKC PMII Jawa Timur tersebut.

Baca Juga : Galian C Tak Ada yang Berizin, Pemkab Pamekasan Lepas Tangan

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan, Supriyanto mengungkapkan, dalam pelatihan ini ada sekitar 20 pelatihan yang akan diajarkan kepada calon pengusaha. Artinya, tidak hanya sebatas teori, melainkan juga praktek.

“Antara lain Menjahit, Bordir, Tata rias, Tata Boga, Instalasi Listrik, Marketing Online, Service Elektronik, Pembuatan tas, sandal, pengolahan kripik, membatik, pembuatan songkok dan lain sebagainya,” tandasnya.

Pantauan PortalMadura.com di lokasi, acara pembukaan pelatihan WUB tersebut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Nurul Widiastuti, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Agus Mulyadi dan pihak perbankan.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar