oleh

Covid-19 Rugikan Ekonomi Global USD8,5 Triliun Selama 2 Tahun

PortalMadura.Com – Pandemi Covid-19 diperkirakan akan memangkas output ekonomi global sebesar USD8,5 triliun selama dua tahun ke depan, melenyapkan hampir semua keuntungan dari empat tahun sebelumnya. Ungkap laporan PBB pada Rabu (13/5/2020).

Ekonomi global diproyeksikan menyusut sebesar 3,2 persen tahun ini, dengan latar belakang pandemi virus corona yang menghancurkan, menurut laporan Situasi dan Prospek Ekonomi Dunia PBB (WESP) pertengahan 2020.

Menandai penyusutan paling tajam sejak depresi besar pada 1930-an, ramalan itu muncul di atas perkiraan ekonomi yang pucat 2,1 persen pada awal tahun ini.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa pertumbuhan di negara maju akan merosot menjadi 5,0 persen tahun ini, sebelum meningkat pada tahun depan.

Perdagangan dunia diperkirakan menyusut hampir 15 persen pada tahun 2020 di tengah berkurangnya permintaan global dan gangguan dalam rantai pasokan global.

Pandemi memperburuk kemiskinan, kesenjangan

Sekitar 34,3 juta orang diperkirakan jatuh di bawah garis kemiskinan ekstrim pada tahun 2020 karena virus korona, kata laporan itu menambahkan lebih dari setengahnya terjadi di negara-negara Afrika.

Pandemi ini akan semakin memperluas ketimpangan pendapatan di dalam dan di antara negara-negara.

Elliott Harris, asisten sekretaris jenderal PBB untuk pembangunan ekonomi, menyoroti bahwa kemampuan negara-negara untuk melindungi pekerjaan dan pendapatan akan lebih efektif pada kecepatan dan kekuatan pemulihan dari krisis, di samping antisipasi langkah-langkah kesehatan masyarakat.

Selain akan mempercepat digitalisasi dan otomatisasi, laporan itu memperingatkan bahwa virus menyebabkan lonjakan cepat dalam kegiatan ekonomi online, kemungkinan akan menghilangkan banyak pekerjaan yang ada, sambil menciptakan pekerjaan baru di ekonomi digital.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar