oleh

Covid-19 Turun Drastis, Jenderal Purn Moeldoko Apresiasi Madura

PortalMadura.Com, Sampang – Penanganan pencegahan Virus Corona (Covid-19) di wilayah Madura, Jawa Timur, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI, Jenderal (Purn) Moeldoko.

Hali itu, disampaikan pada kunjungan kerja KSP di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Gersempal, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Rabu (15/9/2021).

“Pemerintah memberikan apresiasi kepada tokoh agama, dan tokoh kiai yang terlibat dan berperan aktif dengan ikut membantu pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar KSP RI, Jenderal (Purn) Moeldoko.

Secara umum, lanjut Moeldoko, Madura berstatus zona merah pada kasus penyebaran Covid-19. Namun, angka kasus dapat turun drastis dengan baik sampai berubah menjadi zona kuning.

“Ada upaya yang sangat maksimal dari para tokoh agama, kiai, dan masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Pihaknya mengakui, pemerintah memiliki tugas tertentu dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, yaitu penerapan 3T (Tracing, Testing, Treatment) dan suntik vaksin Covid-19.

Moeldoko menyebutkan, elemen masyarakat punya tugas penerapan perilaku dengan disiplin protokol kesehatan (Prokes), yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).

Elemen masyarakat di wilayah Madura, tetap diajak untuk disiplin protokol kesehatan demi menekan penularan dan mencegah virus corona varian baru.

“Varian baru, hanya dapat ditundukkan dengan cara kita menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, dan peran para tokoh sangat membantu,” tegasnya.

Status wilayah pada kasus penularan virus corona (Covid-19) di Sampang, berubah menjadi warna kuning dan penerapan Pembatasan Pemberlakun Kegiatan Masyarakat (PPKM) masuk Level 2.(*)

Komentar