oleh

CSR Bank Jatim Untuk PKL Sumenep dan Program e-RPas

PortalMadura.Com, Sumenep – Bank Jatim Cabang Sumenep, Madura, Jawa Timur memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) pada PKL dan program e-RPas di Hari Jadi ke 749 Sumenep, Madura, Rabu (31/10/2018).

CSR itu diwujudkan dalam bentuk 57 rombong dan 6 tenda yang diberikan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Bangkal, Sumenep.

Secara simbolis, penyerahan CSR diberikan langsung oleh Direktur Operasional Bank Jatim, Rudie Hardiono didampingi Korsek Bank Jatim, Avan D dan tim lainnya kepada Bupati Sumenep A. Busyro Karim usai upacara Hari Jadi Sumenep di depan Masjid Jamik Sumenep, Jl. Tronojoyo.

Total CSR yang diberikan itu sebesar Rp 286.935.000. “Ini merupakan hadiah pada Hari Jadi ke 749 Sumenep,” kata Pimpinan Cabang Bank Jatim Sumenep, Muhammad Anwar.

Selain memberikan CSR, Bank Jatim Cabang Sumenep juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) peluncuran program e-RPas antara Bank Jatim dan Disperindag Sumenep.

CSR Bank Jatim Untuk PKL Sumenep dan Program e-RPas
Menyaksikan ujicoba e-RPas (Elektronik Retribusi Pasar), Rabu (31/10/2018). (Foto. Nanik Dwi Jayanti)

e-RPas (Elektronik Retribusi Pasar), merupakan program bersama antara Disperindag Sumenep dengan Bank Jatim untuk menunjang program pemerintah, yaitu transaksi non tunai dengan mengubah pemungutan retribusi pedagang pasar yang awalnya manual ke elektronik.

“Kerja sama ini untuk mempermudah pedagang dalam melakukan pembayaran retribusi. Jadi retribusi ini, pedagang tidak lagi membayar secara manual menggunakan uang cash, melainkan dengan sistem debet rekening dengan menggunakan mesin EDC Bank Jatim,” paparnya.

Ia menerangkan, untuk sementara ini ada 4 pasar yang menggunakan e-RPas tersebut, diantaranya pasar Anom Baru, Pasar Kecamatan Ganding, Lenteng dan Kalianget.

Keinginan dari pemerintah, akan diberlakukan bagi semua pasar di Sumenep. “Untuk saat ini masih ada empat pasar yang menjadi percontohan,” ucapnya.

Program e-RPas tersebut merupakan salah satu wujud komitmen Bank Jatim dalam mendukung pemerintah guna mempermudah masuknya retribusi dari sektor pasar.(Arifin/Har)