CSR PT Honda Trading: Tanam 1.500 Mangrove di Tangerang

Avatar of hartono
CSR PT Honda Trading: Tanam 1.500 Mangrove di Tangerang
Foto Kelompok PT Honda Trading (Sumber : LindungiHutan)

PortalMadura.Com – PT Honda Trading Indonesia berkomitmen pada pelestarian lingkungan melalui aksi nyata bersama startup LindungiHutan. Inisiatif ini bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, mendukung keberlanjutan lingkungan.

Kerjasama ini membuahkan hasil penanaman 1.500 mangrove di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang, yang diperkirakan dapat menyerap 109 kg CO2eq emisi karbon setiap tahunnya.

CSR PT Honda Trading: Tanam 1.500 Mangrove di Tangerang
Jumpei Suemoto, Presiden Direktur, menyerahkan secara simbolis bibit mangrove kepada Bawi, perwakilan /masyarakat setempat (Sumber : LindungiHutan)

Christian Octavianus dari General Affairs menyatakan, kegiatan penghijauan ini menegaskan komitmen CSR PT Honda Trading Indonesia untuk kelestarian lingkungan dan pengaruh positifnya terhadap komunitas lokal.

“Kami memandang penanaman mangrove sebagai wujud konkret dari komitmen kami dalam CSR, yang tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi juga pada kehidupan masyarakat sekitar. Investasi dalam penanaman merupakan investasi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan, sekaligus membantu dalam penyeimbangan emisi karbon. semacam ini juga melibatkan partisipasi komunitas setempat, sehingga memberikan manfaat ekonomi dan meningkatkan kesadaran akan perlindungan lingkungan,” jelas Christian.

Mangrove dipilih karena perannya yang krusial dalam melindungi ekosistem pantai, dari mencegah erosi dan abrasi hingga mengurangi risiko tsunami.

Hutan mangrove menjadi penyerap karbon yang lebih efektif jika dibandingkan dengan hutan lainnya. Terlebih, wilayah Desa Sukawali mengalami alih fungsi lahan sehingga luasan mangrove mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Desa Sukawali berada di Kecamatan Pakuhaji memiliki potensi sumber daya mangrove yang cukup besar. Pada tahun 1996-2012 luasan mangrove di desa tersebut mengalami penyusutan. Namun, luasan tersebut kembali bertambah pada tahun 2013-2014. Pengurangan area mangrove ini banyak disebabkan oleh pembuatan tambak masyarakat, pemukiman, dan dampak dari abrasi yang cukup besar.

Kegiatan penanaman ini turut dihadiri oleh jajaran management beserta beberapa karyawan perusahaan. Kegiatan ini pun berkolaborasi dengan Kelompok Tani Hutan Remaja Tanjung Burung. Pelibatan masyarakat lokal juga dilakukan untuk menjaga keberlanjutan dari aksi penanaman yang telah dilakukan.

CSR PT Honda Trading: Tanam 1.500 Mangrove di Tangerang
Penanaman mangrove PT Honda Trading Indonesia di Sukawali, Tangerang (Foto : LindungiHutan)

Terakhir, Christian juga berharap aksi ini dapat berkontribusi pada lingkungan dan meningkatkan kesadaran untuk melakukan aksi penanaman pohon bagi karyawan perusahaan dan masyarakat.

“Harapannya PT. Honda Trading Indonesia dapat berkontribusi secara nyata terhadap lingkungan serta meningkatkan kesadaran atas pentingnya melakukan penanaman pada karyawan serta masyarakat sekitar,” pungkas Christian.

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Sebanyak 808 ribu pohon telah ditanam bersama 517 brand dan perusahaan. Kami menggandeng masyarakat lokal di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.