Dalam Tiga Hari 53 Gempa Kecil Landa Lebak Banten

Avatar of PortalMadura.Com
Dalam Tiga Hari 53 Gempa Kecil Landa Lebak Banten
ilustrasi

PortalMadura.Com, Jakarta – Sejak gempa mengguncang dengan kekuatan 6,1 SR dari Kabupaten Lebak Provinsi , Selasa (23/1/2018) siang, BMKG mencatat, telah terjadi puluhan gempa susulan dengan magnitudo yang lebih kecil.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa susulan sebagai peristiwa yang alamiah terjadi.

“BMKG memantau sudah ada 53 kali gempa susulan dengan magnitudo yang lebih kecil. Gempa susulan ini alamiah dalam rangka mencari keseimbangan sistem lempeng yang ada,” kata Sutopo dalam keterangan resminya, Jumat (26/1/2018), dilansir Anadolu.

BNPB hingga kini masih melakukan pendataan dampak gempar 6,1 SR itu. Ada sebanyak 73 kecamatan di sembilan kabupaten/kota pada tiga provinsi yakni Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta yang terdampak.

Satu orang meninggal dunia akibat serangan jantung saat gempa, bernama Nana Karyana, 40. Sedangkan 11 orang luka-luka dengan tujuh orang luka berat dan empat orang mengalami luka ringan.

Mengenai dampak materil, sebanyak 2.760 unit rumah rusak, dengan rincian 291 rusak berat, 575 rusak sedang, dan 1.894 rusak ringan. Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak menjadi daerah yang paling banyak terdapat kerusakan bangunan rumah karena berdekatan dengan pusat gempa.

Selain itu juga terdapat kerusakan bangunan lainnya meliputi tujuh unit fasilitas peribadatan, dua unit fasilitas kesehatan, 17 unit fasilitas pendidikan, enam unit kantor/gedung pemerintahan, dan 63 unit fasilitas umum.

Sutopo menyebut, kerugian dan kerusakan karena gempa kali ini diperkirakan mencapai angka ratusan miliar rupiah.

Mengantisipasi korban lanjutan, Bupati Lebak juga telah menetapkan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat penanganan gempa yang berlaku 14 hari dari tanggal 23 Januari hingga 5 Februari.

Kepala BNPB Willem Rampangilei, kata Sutopo, juga telah menyerahkan bantuan logistik senilai Rp 302,9 juta kepada BPBD Lebak.

Adapun untuk bantuan berupa sandang sebanyak 25 paket, tenda gulung 20 lembar, karung plastik 3.000 lembar, kantung mayat 5 lembar, perlengkapan sekolah 300 paket, perlengkapan makan 160 paket, paket rekreasional 140, peralatan dapur keluarga 40, kidsware 45 paket, family-kit 10 paket dan paket kesehatan keluarga 10 paket. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.