Amazing, 9 Fakta Unik tentang Masjid Nabawi yang Belum Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Amazing, 9 Fakta Unik tentang Masjid Nabawi yang Belum Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kota Madinah merupakan salah satu kota yang berasa di Arab Saudi, dimana di kota ini terdapat salah satu masjid terbesar di dunia. Selain itu juga terdapat taman surga yang dikenal dengan Raudhah. Pemandangan di tempat ini sangat indah tanpa cela. Bahkan bisa dikatakan keindahan yang hanya ada satu di dunia.

Berkunjung ke Madinah belum lengkap rasanya jika tidak ke Raudhah. Banyak orang yang terkagum-kagum dengan keindahannya. Namun meskipun begitu, tidak banyak yang tahu beberapa fakta menarik tentang Raudhah dan . Penasaran seperti apa?.

Berikut faktanya:

Tempat Pertama yang Dialiri Listrik di Jazirah Arab
Ketika Dinasti Utsmani memperkenalkan listrik ke Semenanjung Arab, tempat pertama yang diprioritaskan adalah Masjid Nabawi. Saat itu bahkan Istana Sultan Ottoman di Istanbul belum dialiri listrik.

Masjid Nabawi Merupakan Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia
Masjid Nabawi merupakan tempat ibadah yang ukurannya diperluas 100 kali dari ukuran semula sehingga wilayahnya kini mencakup hampir seluruh wilayah kota tua Madinah. Buktinya, area masjid kini berbatasan langsung dengan makam Baqi, yang dulu berada di luar wilayah Kota Madinah.

Terdapat Liang Lahat Kosong Dekat Makam Rasulullah
Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi, dan di sebelahnya pula dikebumikan Abu Bakar Siddiq dan Umar bin Khattab. Makam mereka persis di sebelah raudhah. Faktanya, terdapat satu liang lahat lagi yang kosong. Lokasinya dekat makam Nabi SAW.

Hancur oleh Api
Masjid Nabawi pernah dilanda kebakaran besar sehingga atap, mimbar hingga dinding ruangan Makam Nabi Muhammad SAW ludes.

Sekarang Terdapat Dua Kubah
Nabi Muhammad SAW wafat sudah lebih dari 650 tahun, namun tidak ada kubah di atas kuburnya. Kemudian, Sultan Mamluk membangun kubah yang terbuat dari kayu pertama kali pada tahun 1279.

Di sisi lain nampak Kubah Hijau yang sekarang merupakan kubah luar di atas ruang Nabi Muhammad SAW dan didapati jauh lebih kecil.

Dahulu Kubah Warna Ungu, Sekarang Biru Ungu
Sekitar 150 tahun yang lalu, kubah yang terdapat di Masjid Nabawi memiliki warna ungu dan sekarang biru ungu. Beberapa orang Arab Hijaz dulu memang sangat menyukai warna biru ungu.

Memiliki 3 Mihrab
Masjid Nabawi hanya memiliki satu mihrab, namun masjid Nabi memiliki tiga mihrab. Mihrab saat ini digunakan Imam Hanafi yang diperintahkan Sultan Suleyman untuk memimpin salat, namun Imam Maliki memandu salat dari mimbar Nabi.

Ada Apa di Ruangan Fatimah?
Barang milik Nabi Muhammad SAW dulu disimpan di kamarnya atau kamar Fatimah yang berada di Masjid Nabawi. Saat Madinah berada dalam situasi genting saat perang dunia I, barang-barang tersebut dievakuasi oleh pasukan Kesultanan Ottoman ke Istanbul. Kini beberapa items tersebut disimpan di Museum Topkapi.

Penuh dengan Tanda-tanda Rahasia
Masjid Nabawi penuh dengan begitu banyak tanda dan kode rahasia. Setiap pilar, masing-masing kubah, setiap jendela memiliki cerita tersendiri serta membawa makna sejarah dan spiritual. Namun tidak semua orang paham akan hal itu.

Orang-orang yang membangun kembali Masjid Nabawi menyadari bahwa tidak mungkin memasang tanda di mana-mana karena hal itu akan mengalihkan perhatian dari tujuan doa yang utama.

Masjid Nabawi bukan hanya sebuah masjid, melainkan juga pusat komunitas, tempat perlindungan, universitas dan lain sebagainya, menjadi satu.

Seperti komunitas Muslim, ia telah berkembang selama bertahun-tahun dan menjadi lebih modern dengan setiap generasi yang lewat. Namun, terlepas dari pertumbuhan dan perubahan dari interior pohon palem sederhana ke struktur marmer dan emas yang ada sekarang, inti dalam tetap sama. Mungkin ada pelajaran di sana untuk Anda semua. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.