Dampak Buruk Bila Kendaraan Pakai Busi Palsu

Avatar of PortalMadura.com
Dampak Buruk Bila Kendaraan Pakai Busi Palsu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pemilik kendaraan harus berhati-hati saat akan membeli busi. Sebab, jika kedapatan membeli busi palsu tentu bisa menimbulkan kerusakan pada kendaraan. Sebagaimana menurut Technical Support Product Specialist NGK Busi Indonesia, Diko Okataviano, bahwa kendaraan akan berdampak buruk karena kualitas bahan yang digunakan busi palsu.

“Ada beberapa dampak yang timbul kalo pake busi palsu. Karena bahan busi palsu yang dipakai sebagian besar adalah jenis Fe (besi),” kata Diko, dilansir PortalMadura.Com, Minggu (3/11/2019) dari laman Detik.com.

Produsen busi palsu, lanjut Diko, biasanya hanya asal tempel saja tidak memerhatikan material dan daya tahan busi. Jika dibandingkan dengan bahan tembaga atau nikel tingkat lelehnya, jelas lebih kuat bahan Fe.

Baca Juga: Cara Mudah Rawat Busi Agar Tetap Awet

“Sekilas sih kelihatan lebih awet, tapi perlu diingat material penghantar panasnya (insulator) busi palsu bukan bahan ceramic alumina. Secara pelepasan kurang baik, jadi potensinya pecah pada bagian keramiknya,” ujarnya.

Selain itu, umur busi palsu biasanya tidak akan bertahan lama. Apalagi lelehan dari material yang akan masuk ke ruang bakar mesin dapat menyebabkan kerusakan. “Pada saat dipanaskan, sifat Fe itu kalau meleleh menimbulkan residu atau debris debu besi yang tidak bisa benar-benar terbakar, nah biasanya ini yang bahaya,” lanjut Diko.

“Debu-debu tadi bisa nempel di permukaan liner silinder atau kepala piston yang menyebabkan pengapian dini. Itu yang nyebabin knocking di ruang bakar karena kena material asing,” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.