oleh

Dana Awal Pilkades, Jasdem Tekan Komisi A Lakukan Riset ke Desa

PortalMadura.Com, Bangkalan – Jaring Analisis Sosial Demokrasi (Jasdem) Jawa Timur meminta Komisi A DPRD Bangkalan, Madura, Jawa Timur agar melakukan riset ke desa-desa sebelum membetuk Pansus Perda Pilkades.

Direktur Jasdem Jawa Timur, M.Tikno Mulyono mengaku banyak menerima keluhan dari masyarakat tentang dana awal Pilkades yang dinilai tidak rasional dan terlalu besar.

“Dana awal Pilkades sudah diminta ke calon kepala desa (kades) oleh pihak panitian. Padahal, perda Pilkades belum ada,” terang Tikno, Minggu (8/2/2015).

Persoalan lain yang muncul, sambungnya, pihak panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) juga tidak transparan memberikan rincian anggaran yang bakal dihabiskan.

“Panitia Pilkades juga tidak mau memberikan rincian penggunaan dana awal yang sudah diminta kepada calon,” urainya.

Sementara, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bangkalan, Bir Aly Kholilurrahman mengaku siap mengawal pembangunan Indonesia lebih baik, sehingga Perda Pilkades dapat menjadi payung bagi semua kalangan yang punya kemauan dan juga kemampuan untuk membangun desa lebih.

“Jangan sampai masalah materi menjadi sandungan bagi warga yang akan mencalonkan sebagai kepala desa seperti amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng lembaga audit keuangan yang konsen mengawasi transparansi anggaran Pilkades, serta pihak eksekutif tidak absen, seperti Bappemas.

“Kejaksaan juga sangat dibutuhkan peran pengawasannya terkait permasalahan dan aduan yang mungkin nantinya akan muncul dikemudian hari,” (rahma/htn)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.