Dana Awal Pilkades, Jasdem Tekan Komisi A Lakukan Riset ke Desa

Avatar of PortalMadura.Com
Bir Aly Kholilurrahman
Bir Aly Kholilurrahman

PortalMadura.Com, – Jaring Analisis Sosial Demokrasi (Jasdem) Jawa Timur meminta Komisi A DPRD Bangkalan, Madura, Jawa Timur agar melakukan riset ke desa-desa sebelum membetuk Pansus Perda .

Direktur Jasdem Jawa Timur, M.Tikno Mulyono mengaku banyak menerima keluhan dari masyarakat tentang awal Pilkades yang dinilai tidak rasional dan terlalu besar.

“Dana awal Pilkades sudah diminta ke calon kepala desa (kades) oleh pihak panitian. Padahal, perda Pilkades belum ada,” terang Tikno, Minggu (8/2/2015).

Persoalan lain yang muncul, sambungnya, pihak panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) juga tidak transparan memberikan rincian anggaran yang bakal dihabiskan.

“Panitia Pilkades juga tidak mau memberikan rincian penggunaan dana awal yang sudah diminta kepada calon,” urainya.

Sementara, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bangkalan, Bir Aly Kholilurrahman mengaku siap mengawal pembangunan Indonesia lebih baik, sehingga Perda Pilkades dapat menjadi payung bagi semua kalangan yang punya kemauan dan juga kemampuan untuk membangun desa lebih.

“Jangan sampai masalah materi menjadi sandungan bagi warga yang akan mencalonkan sebagai kepala desa seperti amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng lembaga audit keuangan yang konsen mengawasi transparansi anggaran Pilkades, serta pihak eksekutif tidak absen, seperti Bappemas.

“Kejaksaan juga sangat dibutuhkan peran pengawasannya terkait permasalahan dan aduan yang mungkin nantinya akan muncul dikemudian hari,” (rahma/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.