oleh

Dana Bantuan Parpol di Sumenep Capai Rp1,04 Miliar

PortalMadura.Com, Sumenep – Anggaran bantuan hibah bagi 11 partai politik (Parpol) yang mempunyai kursi di DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur untuk tahun 2016 mencapai Rp1,04 miliar lebih.

“Saat ini bantuan dana bagi partai politik di Kabupaten Sumenep sedang proses di keuangan,” ungkap Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Lindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sumenep, Moh Kafrawi, Kamis (2/6/2016).

Menurut Kafrawi, besaran bantuan dari APBD II terhadap partai politik itu disesuaikan dengan hasil suara pada pemilihan legislatif (Pileg) pada 2014.

“Setiap suara dihargai Rp1.575. Masing-masing Parpol mendapatkan bantuan yang berbeda, disesuaikan dengan perolehan suara di pileg 2014,” ucapnya.

Ia menyampaikan, proses pencairan dana bantuan Parpol itu, setiap parpol mengajukan permohonan ke pemerintah setempat melalui DPPKA.

“Saat ini masih proses, belum ada pencairan dana terhadap Parpol,” bebernya.

Di Kabupaten Sumenep, ada 11 parpol yang mendapatkan kursi dilegislatif. PKB memiliki 7 kursi, Demokrat 7 kursi, PPP 7 kursi, PAN 7 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, Gerindra 5 kursi, Golkar 4 kursi, Hanura 2 kursi, NasDem 2 kursi, PKS 2 kursi dan PBB 1 kursi. (arifin/choir)

Komentar