oleh

Inilah Cara Sederhana Merawat AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

PortalMadura.Com – Sistem pendingin atau AC pada mobil memerlukan perhatian khusus agar terawat dan awet. Pada umumnya, AC mobil akan bermasalah ketika usia pemakaian mobil sudah mencapai dua tahun dari kondisi barunya.

Apalagi AC pada mobil merupakan salah satu fitur penting. Sebab, keberadaan AC akan membantu kenyamanan berkendara dalam segala cuaca. Maka dari itu, perawatan AC secara berkala sangat penting untuk dilakukan, agar AC mobil dapat selalu dalam kondisi prima.

Sayangnya, banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan perawatan AC. Alhasil, AC mobil mulai bermasalah, hingga kemudian menjadi rusak. Sebelum AC mobil rusak semakin parah, sebaiknya Anda perlu mengetahui cara sederhana merawat AC Mobil agar tidak cepat rusak.

iklan hari santri

Menurut pemilik bengkel AC Pondok Bambu, Jakarta, Ahmad Hidayat, menjelaskan bahwa hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan saringan AC pada mobil agar tetap nyaman dipakai.

Kedua, setahun sekali perawatan wajib dilakukan dengan melakukan pengecekan ke bengkel seperti ganti filter, ganti ekspansi, dryer, freon juga dikuras. “Tapi kebanyakan menganggap, AC masih dingin tidak perlu diservis,” ungkapnya.

Selain itu, Anda juga harus membersihkan rumah kipas dengan cara mencuci atau menyemprotnya dengan angin.

Cara perawatan lain,yaitu dengan membersihkan kondensor AC melalui semprotan air. “Dengan sering dibersihkan kondensor yang menjadikan embusan udara, AC akan lebih cepat dingin,” ujarnya. (viva.co.id/Salimah)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.