oleh

Dana Desa Tahun 2020 di Pamekasan Naik Rp 6 Miliar

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dana Desa (DD) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tahun 2020 mengalami peningkatan. Pada tahun 2019 sebesar Rp 198 miliar, sementara tahun 2020 naik mencapai Rp 204 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Ach. Faisol mengungkapkan, besaran DD itu akan dibagi sebanyak 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan. Pembagian anggaran itu tentunya disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu).

“Teknis pembagiannya akan disesuaikan dengan peraturan. Setiap desa cara pembagiannya berbeda sesuai dengan kondisi di lapangan. Yang perlu diperhatian juga, meskipun ada kenaikan nominal DD namun belum tentu setiap desa naik,” katanya, Rabu (13/11/2019).

Faisol menjelaskan, setiap tahun mekanisme pembagian DD itu tidak sama. Misalnya pada tahun sebelumnya ada afirmasi sebesar 3 persen, tetapi pada tahun mendatang berubah menjadi 1,5 persen. Pembagian itu ada rumusnya, yakni proporsional, adil dan merata sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Loading...

Baca Juga: Tausiyah Gunakan Satu Salam, MUI Sumenep Akan Berkirim Surat ke Pemkab

“Kami sudah melakukan sosialisasi tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya. Penggunaan DD ini diatur dalam Peraturan Menteri Desa (Permendes) Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020,” terangnya.

Menurutnya, ada 21 program penggunaan dana desa, dari jumlah itu nantinya dipilih program unggulan sesuai dengan potensi desa masing-masing. Oleh karenanya, pemerintah desa diharapkan bisa berinovasi dalam mengembangkan ekonomi desa.


Penulis : Marzukiy
Editor : Nurul Hijriyah


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE