oleh

Datang dari Daerah Terjangkit, Pasien Meninggal di RSUD Bangkalan, Ini Pernyataan Satgas Covid-19

PortalMadura.Com, Bangkalan – Seorang pasien asal Kabupaten Sampang yang dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Jumat (20/3/2020) meninggal dunia.

Pasien tersebut baru datang dari daerah yang dinyatakan positif terjangkit virus corona yakni Jakarta yang saat ini berstatus darurat Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Virus Corona (Covid-19) RSUD Syamrabu Bangkalan, dr Catur Budi, menjelaskan, pasien tersebut meninggal saat petugas mempersiapkan Alat Pelindung Diri (ADP).

Rencananya, pasien hendak di foto rontgen yang sebelumnya mengalami kejang-kejang. “Pasien yang meninggal itu belum tentu Covid-19,” tegasnya.

“Tiba di sini tadi kita lakukan upaya penanganan langsung ke ruang isolasi. Kondisi pasien sudah mengalami penurunan kesadaran,” sambungnya.

Pihaknya belum bisa mengindentifikasi penyakit pasien tersebut. Sebab, setelah tiba di rumah sakit, belum sempat menjalani pemeriksaan lanjutan dan pasien meninggal dunia.

“Belum cek darah, belum ada rontgen thorax dan pemeriksaan lainnya. Jadi, kami masih minim data untuk menyimpulkan penyakit pasien. Sesaknya juga belum tahu penyebabnya apa,” urainya.

Pihaknya meminta agar masyarakat tidak panik. Pasien yang meninggal dunia tersebut belum tentu Covid-19.

Setiap penanganan kasus, kata dia, petugas memang diwajibkan untuk mengikuti protokol dan prosedur, misalnya wajib menggunakan alat pelindung diri (APD) dengan lengkap.(*)

Penulis : Imron
Editor : Nurul Hijriyah
Tirto.ID
Loading...

Komentar