oleh

DD dan ADD Tahap Kedua Bagi 138 Desa di Sumenep Terancam Hangus

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 138 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terancam tidak mendapatkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pada pencairan tahap kedua tahun 2017.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Sumenep, Ahmad Masuni, mengatakan, desa-desa tersebut tidak menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang menjadi sarat utama untuk mencairkan DD dan ADD.

“Dari 330 desa yang ada, baru 192 desa yang menyelesaikan APBDesnya. Jadi, sisanya 138 belum menyetor. Otomatis DD dan ADD tidak dapat dicairkan,” terangnya, Rabu (31/5/2017).

Lebih lanjut Masuni menjelaskan, anggaran ADD untuk tahap pertama mencapai Rp 74 miliar. Saat ini, baru dapat dicairkan Rp43 miliar. Sementara DD target tahap pertama sebanyak Rp163 miliar, namun baru dapat dicairkan Rp 46 miliar.

“Jadi, untuk ADD sekitar 58 persen yang sudah dicairkan, dengan jumlah 192 desa. Sedangkan untuk DD sekitar 28 persen, dengan jumlah 91 desa yang sudah menyelasikan APBDes,” pungkasnya. (Bahri/Har)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...