oleh

Debat Pilpres 2019 Lebih diminati dibanding 2014

PortalMadura.Com, Jakarta – Debat calon Presiden dan wakil Presiden Tahun ini meraih angka penonton lebih tinggi dibanding debat serupa pada 2014, ujar Nielsen, sebuah lembaga survei pemasaran, Jumat.

Menurut Nielsen, debat tahun ini disiarkan oleh 13 stasiun televisi, sedangkan pada 2014 hanya disiarkan oleh tujuh stasiun televisi saja.

Loading...

“Hasil pantauan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) di 11 kota, total reach debat Capres-Cawapres Tahun ini mencapai 57,6 persen, dibanding 49,1 persen pada 2014, “ujar Nielsen dalam siaran persnya, Jumat.

Sedangkan total share (persentase penonton channel tertentu terhadap total penonton) sama-sama cukup tinggi pada debat ke-2 baik Tahun 2019 maupun 2014 sebanyak 73 persen dan 3 persen.

Pada tayangan debat yang sudah tiga kali digelar, rating (estimasi adalah estimasi penonton televisi dari seluruh pemilik televisi) acara ini mencapai angka yang jauh lebih tinggi 18,8 persen (Debat ke-2), dibandingkan rating 2014 yang hanya 9,6 persen.

Rating gabungan tertinggi dicapai saat menayangkan debat antara calon Presiden saja, yaitu Jokowi dan Prabowo.

“Ini menunjukkan pemirsa televisi sangat antusias mengenal calon pemimpin mereka, serta ingin mendengar setiap gagasan yang disampaikan oleh para calon Presiden tersebut,” ujar Nielsen. dilaporkan Anadolu Agency, Jumat (22/3/2019).

Menurut survei Nielsen, debat Tahun ini cukup banyak menjangkau penonton perempuan, penonton berusia di atas 40 tahun dan penonton pada segmen upper class secara konsisten.

Topik paling menarik adalah saat debat kedua, yaitu energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, infrastruktur dengan share mencapai 73,1 persen.

Survei TAM ini dilakukan Nielsen untuk mengukur kepemirsaan atas semua televisi Nasional terhadap lebih dari 8,000 orang berusia 5 Tahun ke atas pada 11 kota di Indonesia.Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) bersama calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) terlihat saat mengikuti depat capres-cawapres putaran kedua untuk pemilu 2019 di Jakarta, Indonesia pada 17 Februari 2019. (Eko Siswono Thoyudho – Anadolu Agency)

Anadolu Agency
Sumber : Anadolu Agency

Komentar