Delapan Warga Bangkalan Positif DBD

Avatar of PortalMadura.com
Delapan Warga Bangkalan Positif DBD
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Sedikitnya delapan warga Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) selama Januari 2019.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo menjelaskan, jumlah penderita DBD itu masih tergolong rendah dibanding dengan daerah lain di Jatim.

“Kalau daerah lain itu ratusan. Alhamdulillah, ini masih kurang dari sepuluh kasus,” terangnya, Jumat (25/1/2019).

Pemahaman warga terhadap DBD dinilainya masih perlu ditingkatkan. Saat mengalami panas dianggap sudah DBD. “Nyatanya kan tidak demikian,” ucapnya.

Ada beberapa kriteria yang disebut DBD, antara lain, trombositopenia (kondisi yang terjadi akibat kurangnya jumlah platelet atau trombosit).

Yang kurang dari 100 persen dan adanya kebocoran plasma karena peningkatan permeabilitas kapiler, dengan manifestasi sebagai peningkatan hematokrit 20 persen dari nilai standar dan penurunan hematokrit 20 persen, fusi pleura/perikardial, asites hipoproteinemia.

Baca Juga: Sepasang Kekasih Ditemukan Tewas di Kamar Hotel Pamekasan

Ke depan, pihaknya akan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebersihan lingkungan, seperti membasmi sarang nyamuk dan jentik.

“Sosialisasi yang efektif memang masih perlu,” pungkasnya. (Imron/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.