Demo Tower XL, Ini Tuntutan Warga

Avatar of PortalMadura.Com
Demo Tower XL, Ini Tuntutan Warga
Demo Tower XL

PortalMadura.Com, – Aksi unjuk rasa puluhan RT 04 RW 04 Temenggungan, Kelurahan Parteker, Kecamatan Pamekasan, Madura, Jawa Timur bukan tanpa alasan.

Agus Yulianto, salah satu orator aksi dalam orasinya menegaskan, masyarakat yang tinggal di sekitar tower XL yang dibangun sejak tahun 2000 tersebut sangat resah dengan sikap perusahaan swasta tersebut, lantaran mengabaikan kepentingan warga dan melanggar kesepakatan awal.

“Ada lima tuntutan yang akan kami sampaikan kepada pihak XL. Pertama, XL telah melewati masa kontrak berdirinya tower XL AXIATA dengan warga RT 04 RW 04 lingkungan Temenggungan yang berakhir pada tanggal 22 Juni 2015,” kata Agus, Kamis (13/8/2015).

Kedua, lanjut dia, upah penjaga keamanan tower XL tidak sesuai dengan upah minimum regional (UMR) sejak tower beroperasi. Yakni hanya Rp 125.000 per bulan.

“Tuntutan ketiga adalah janji XL untuk memberi biaya musyawarah warga untuk perpanjangan tower XL AXIATA dan biaya transportasi sebagai media untuk menghubungi hak milik tanah (Fatma CS) di Surabaya sampai saat ini belum diganti,” bebernya.

Selain itu, dia memaparkan bahwa pihak XL tidak membayar pajak bumi dan bangunan dengan nomor NOP 35.28.050.009.009-0182.0 sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Padahal, sebagai perusahaan besar mengikuti aturan yang telah ditentukan tersebut.

“Belum pernah ada tindakan atau bantuan dari XL terhadap lingkungan maupun akses jalan menuju tower. Bahkan membiarkan galian atau tumpukan tanah bekas galian kabel di pinggir jalan umum atau jalan masuk kampung,” tandasnya.

Massa mendesak, dalam jangka waktu 7×24 jam tuntutan tersebut tidak segera diperhatikan, mereka mengancam akan menyegel pagar tower dan melarang petugas masuk dalam wilayah kampung akses tower. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.