Desa Juruan Laok Gagas Layanan Publik, Libatkan Dispendukcapil dan Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com, – Pemerintah Desa (Pemdes) , Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggagas pelayanan publik atau (MPP).

Rangkaian semarak HUT RI tahun 2023 ini, melibatkan dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batuputih, dipusatkan di Balai , Selasa (15/8/2023).

Kepala Desa Juruan Laok Ach Shanhaji mengatakan, gagasan untuk memberikan pelayanan publik secara gratis adalah upaya memudahkan masyarakat dalam mengurus identitas kependudukan maupun pemeriksaan kesehatan dasar.

“Yang sering ditemukan, data tidak singkron antara identitas kependudukan dengan dokumen lainnya. Kita layani hari ini,” kata Shanhaji, dalam sambutannya.

Dispendukcapil yang hadir dengan perangkat lengkap juga melayani perekaman e-KTP, perubahan KK, pembuatan kartu identitas anak (KIA) serta dokumen kependudukan lainnya.

“Ini komitmen kami, saling jemput bola agar masyarakat tertib administrasi. Silakan manfaatkan kesempatan ini dengan baik, termasuk pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga diakui mendapat dukungan dari semua kepala sekolah dan perangkat desa di lingkungan Desa Juruan Laok.

Plt Camat Batuputih Muchlis Santoso mengapresiasi prakarsa pemerintah Desa Juruan Laok yang telah menggagas kegiatan yang beda pada momentum HUT Kemerdekaan RI, namun sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pemerintah Desa Juruan Laok ini sudah sering membuat kegiatan yang sifatnya out of the box (diluar kebiasaan). Ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Menurutnya, dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI memang tidak semua dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan. Mengadakan mal pelayanan masyarakat adalah sangat membantu masyarakat dan pemerintah.

“Jadi minta tolong, agar kegiatan ini berjalan lancar masyarakat hendaknya antri dengan tertib,” katanya.

Sementara, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sumenep Wahasah menyambut baik dan menyampaikan terima kasih dengan digelarnya mal pelayanan masyarakat di tingkat desa.

“Kami sangat mengapresiasi karena manfaatnya akan dirasakan masyarakat. Yang selama ini mungkin belum update data kependudukan, maka dengan kegiatan ini sangat membantu mereka,” katanya.

Lebih-lebih akan menghadapi pemilu, kata dia, masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik maka dapat terlayani dengan baik dan cepat. “Ini kegiatan jemput bola yang sangat inovatif,” ujarnya.

Pihaknya gembira dengan berjubelnya masyarakat Desa Juruan Laok dalam mengurus identitas kependudukan, seperti KIA dan perubahan KK serta dokumen lainnya.

“Luar biasa, masyarakat sangat antosias hingga berjubel. Jadi, perlu antri karena layanan kami menggunakan mobil online layanan kependudukan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, hadir juga dari unsur Koramil 0827/15 Batuputih dan Polsek Batuputih, perangkat Desa Juruan Laok serta kepala sekolah di lingkungan Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih, Sumenep. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.