Desa Marengan Daya dan Pamolokan Sumenep Tidak Menebus Rastra

Avatar of PortalMadura.Com
Desa Marengan Daya dan Pamolokan Sumenep Tidak Menebus Rastra
dok. Sidak Bulog

PortalMadura.Com, Penebusan beras sejahtera () untuk keluarga kurang mampu di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tidak berjalan lancar.

Bahkan dua desa di Kecamatan Kota sejak Januari hingga November tidak melakukan penebusan sama sekali. Kedua desa itu Desa dan .

“Dua desa itu berada di Kecamatan Kota. Sedangkan yang lain seperti 11 desa di Kecamatan Manding yang mengkhawatirkan tidak ada penebusan ternyata sudah menebus semuanya,” kata Plt Kasubag Sarana Perekonomian, Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, Suharjono, Rabu (29/11/2017).

Menurutnya, pemerintah daerah telah melakukan pendekatan terhadap dua desa tersebut, namun perangkat desa dan kepala desanya rupanya tidak merespon sehingga sampai sekarang belum melakukan penebusan sama sekali.

“Kami akan terus melakukan pendekatan agar tim rastra desa melakukan penebusan, karena kalau sampai tidak menebus akan berpengaruh terhadap bantuan rastra tahun depan,” jelasnya.

Ia menegaskan, bagi desa yang tidak mau melakukan penebusan rastra, pemerintah daerah meminta desa yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan menolak terhadap program tersebut guna disampaikan kepada pemerintah pusat melalui Provinsi Jawa Timur.

“Bagi desa yang tidak akan melakukan penebusan, kami minta agar membuat surat pernyataan menolak terhadap program pengentasan kemiskinan berupa rastra itu,” katanya.

Program pengentasan kemiskinan berupa rastra tahun 2017 untuk Kabupaten Sumenep terdapat jatah sebanyak 23.042.880 ton.

Namun, hingga saat ini masih terealisasi sebanyak 72,46 persen atau 16.697.100 ton. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.