Ingin Cuci Muka Usai Terpapar Sinar Matahari? Tunggu Dulu, Ini Efeknya

Avatar of PortalMadura.com
Ingin Cuci Muka Usai Terpapar Sinar Matahari? Tunggu Dulu, Ini Efeknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat kulit wajah terkena sinar matahari, rasanya ingin segera dibasuh dengan air agar kembali segar. Karena, teriknya matahari yang menyengat akan membuat wajah kering dan kusam, sehingga banyak orang tidak betah dalam situasi tersebut.

Tapi tunggu dulu, jangan asal langsung mencuci muka setelah terpapar sinar matahari ya, guys. Sebab, cara itu bukanlah pilihan yang baik dilakukan. Jika Anda tetap melakukannya, efeknya akan menimbulkan vlek hitam.

“Ibaratnya, ketika gelas kita isi dengan air panas, lalu airnya kita buang dan langsung kita memasukannya dengan air dingin, yang mungkin terjadi adalah gelas tersebut akan retak-retak bahkan pecah,” kata dr. Hartinia Permata Sari, Diploma Estetika International CIDESCO.

Menurut wanita yang disapa Nia ini, sebaiknya diamkan dulu kulit sekitar 10 menit sebelum membasuhnya dengan air.

“Fungsinya agar kulit wajah kita kembali ke kondisi normal dulu dan menyesuaikan dengan suhu udara sekitar,” ucapnya.

Nia menambahkan, untuk menyejukkan kulit wajah yang telah terpapar sinar matahari bisa juga dengan menggunakan “face toner”. Kemudian gunakan pelembab wajah yang kaya nutrisi untuk mencegah peradangan.

Untuk melindungi kulit, selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Biasanya SPF yang cocok untuk kulit Indonesia adalah SPF 15 untuk aktivitas harian di dalam ruangan. Sedangkan untuk aktivitas di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang cukup lama, gunakan SPF 24. Sedangkan aktivitas yang terkena air di bawah sinar matahari seperti berenang, gunakan SPF 30 yang anti-air. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.