Dibandingkan Sirkuit Sepang dan Buriram, Ini 3 Keunggulan Sirkuit Mandalika

Editor: Desy Wulandari
Dibandingkan Sirkuit Sepang dan Buriram, Ini 3 Keunggulan Sirkuit Mandalika
Ilustrasi (okezone.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Indonesia merupakan negara ketiga di Asia Tenggara yang bisa menyelenggarakan balap motoGP. Balap motor kasta tertinggi tersebut baru saja dihelat di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022 lalu. Indonesia bergabung dengan Malaysia dan Thailand sebagai negara Asia Tenggara tuan rumah MotoGP.

Sebelumnya Sirkuit Sepang Malaysia telah menggelar kompetisi balap ini sejak 1999, sementara Sirkuit Buriram Thailand jadi venue MotoGP sejak 2018. Sirkuit baru kebanggaan masyarakat Indonesia ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding sirkuit-sirkuit MotoGP lainnya di Asia Tenggara.

Lantas, apa saja keunggulan sirkuit Mandalika dibandingkan Sirkuit Sepang dan Sirkuit Buriram? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Aspal Trek Utama

Yang pertama adalah aspal. Pertamina Mandalika International Street Circuit memakai teknologi aspal Stone Mastic Asphalt (SMA), yang hanya terdapat di Sirkuit Silverstone Inggris, Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi dan Sirkuit Phillip Island di Australia. Penggunaan teknologi aspal SMA dapat meminimalisir risiko kecelakaan. Aspal ini juga disebut anti licin meski saat hujan.

Lay Out Sirkuit Lebih Menantang

Kemudian Sirkuit Mandalika dinilai lebih menantang dengan karakter high speed corner (tikungan cepat), di mana, sirkuit ini mempunyai panjang total 4,3 km, memiliki 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan ke kanan. Sejumlah tikungan dinilai menghadirkan tantangan lebih.

Panorama Sirkuit Mandalika yang Indah

Terakhir, tentu saja keindahan panoramanya. Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa Sirkuit Mandalika memiliki panorama yang memukau berupa hamparan alam yang indah, dari mulai pemandangan perbukitan, berpadu dengan hamparan pantai, dan juga laguna.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.